spot_img

BLKI Balikpapan Dorong Peningkatan Mental dan Sikap Pencari Kerja

Persepsinews.com, Samarinda – Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan, Suryaningsih, menyatakan bahwa beberapa kejuruan, terutama teknik las, mesin bubut, dan mekanik, sangat diminati oleh banyak perusahaan.

Kejuruan-kejuruan ini menjadi incaran perusahaan, terutama yang bergerak dalam sektor pertambangan yang sedang berkembang.

“Beberapa perusahaan bahkan telah meminta daftar siswa dari kejuruan teknik las atau welder sebelum pelatihan selesai,” ujarnya.

Hal ini mencerminkan pengakuan terhadap keahlian peserta dari UPTD BLKI Balikpapan dan kepercayaan terhadap kualitas yang ditawarkan selama ini.

Meskipun mendapatkan permintaan dari perusahaan, Suryaningsih menekankan bahwa UPTD BLKI Balikpapan tidak bermaksud untuk memonopoli.

“Pendistribusian peserta pelatihan diupayakan agar merata di tiap perusahaan dengan melakukan pembagian sesuai kebutuhan,” ungkapnya, belum lama ini.

Sebagai contoh, jika terdapat lima perusahaan, UPTD BLKI Balikpapan akan mengirimkan dua peserta pelatihan untuk setiap perusahaan.

Suryaningsih kemudian juga menyoroti pentingnya perhatian terdapat pelatihan mental dan sikap bagi peserta pelatihan.

“Meskipun keahlian teknis menjadi faktor penilaian, sikap dan mental juga turut diperhatikan,” ungkapnya.

Perusahaan cenderung menilai calon karyawannya dari segi sikap, bukan hanya keterampilan teknis semata.

“UPTD BLKI Balikpapan berkomitmen untuk tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga melatih sikap dan mental agar siap bersaing di dunia kerja,” tutupnya. (Lis/ Adv Disnakertrans Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer