spot_img

Bukti Sinergi Membangun Ketahanan Pangan, Jagung Tumbuh Subur di Bekas Galian Tambang

Persepsinews.com, Kukar – Di atas bekas tambang yang sebelumnya tandus, kini terhampar hamparan hijau jagung yang tumbuh subur. Hal ini merupakan hasil dari sinergi antara Pemkab Kukar, PT. Mahakam Sumber Jaya (MSJ), dan Kelompok Tani (Poktan) Semoga Berkah dalam program penanaman jagung pipil serentak.

Bupati Kukar, Edi Damansyah bersama jajarannya dan perwakilan PT. MSJ turun langsung ke lokasi penanaman di Desa Makarti, Kecamatan Marangkayu, pada Selasa (16/07/2024) lalu.

“Saya apresiasi tekad kuat Poktan Semoga Berkah dalam mengembangkan jagung di kawasan ini. Hal ini harus kita dukung dan kelola dengan baik,” ujar Edi Damansyah beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Edi Damansyah juga menekankan, pentingnya kolaborasi multi pihak untuk mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Program ini merupakan wujud nyata sinergi antara Pemkab Kukar melalui program revolusi jagung, PT. MSJ dengan program pemberdayaan masyarakat, dan semangat para petani.

“Jagung dipilih karena terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan petani, membuka lapangan kerja, dan menjadi bagian upaya pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kukar itu berpesan, kepada seluruh Poktan di Kukar, khususnya yang berada di sekitar wilayah pertambangan, untuk memanfaatkan program ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

“Saya harap program ini tidak hanya berhenti di sini. Pemkab Kukar akan terus mendukung dengan menyediakan pupuk, obat-obatan, dan pendampingan agar program ini berkelanjutan,” terang Edi Damansyah.

Terakhir, ia menekankan, bahwa program penanaman jagung di bekas tambang ini tidak hanya memberi harapan baru bagi para petani, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa lahan bekas tambang dapat dioptimalkan kembali menjadi lahan produktif yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Diharapkan kedepannya, program ini dapat direplikasi di wilayah lain di Kukar untuk mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani secara berkelanjutan,” tandasnya. (Adv/ Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer