spot_img

Bupati Kukar Buka Perlombaan Miskat, Jepen, dan Kuliner Khas Kutai di Stadion Rondong Demang

Persepsinews.com, Kukar – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah membuka agenda Lomba Miskat, Lomba Jepen dan Lomba Kuliner Khas Kutai antar OPD/BUMN/BUMD dan TP PKK Kecamatan serta DWP UP Dinas/Badan/Kantor, yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata, di Laman Parkir Stadion Rondong Demang, pada Selasa (16/07/24) malam.

Ragam perlombaan digelar sejak tanggal 16 hingga 20 Juli mendatang. Perlombaan ini, merupakan salah satu perwujudan dari Program Kukar idaman, yakni Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman.

Dalam sambutannya, Bupati Kukar Edi Damansyah, menyatakan melalui perlombaan seperti ini berarti kita turut menjaga, mempromosikan kearifan budaya Kabupaten Kukar.

“Kita sedang menjaga kearifan lokal, terkait menjaga tradisi kita yakni baju miskat. ASN yang ada di Kukar selalu memakai baju miskat di hari yang telah ditentukan,” ungkap Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Tak hanya itu, Edi Damansyah juga menekankan pentingnya menggenggam erat kebudayaan kesenian, seperti tingkilan dan tari jepen. Menurutnya, meskipun era globalisasi telah berhembus, namun tak menjadi penghalang untuk tetap mengibarkan kesenian daerah. Begitu pula dengan makanan khas kutai, agar seluruh masyarakat mengenal makanan daerahnya.

“Ini merupakan misi kita semua, untuk memperkenalkan kebudayaan, kesenian yang kita miliki kepada khalayak luas,” terangnya.

Disamping itu, Edi Damansyah juga membeberkan dampak ekonomi dari berbagai pelaku usaha maupun UMKM yang ada. Ia menjelaskan bahwa, dengan adanya ragam festival mampu menggerakkan siklus perekonomian masyarakat, menjadi meningkat.

“Dengan adanya festival ini, semakin ramai pengunjung, makin ramai juga yang membeli,” imbuhnya. (Adv Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer