spot_img

Disnaker Kukar Gandeng SMK Dengan Program Kukar Siap Kerja

Persepsinews.com, Samarinda – Kepala Distransnaker Kukar, M. Hatta mengatakan, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) terus menjalankan program Kukar Siap Kerja. Program ini dilakukan dengan memberikan beberapa pelatihan sekaligus mencarikan lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja.

Penerapan program tersebut juga dibantu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan membentuk lembaga Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk mencarikan pekerjaan terhadap lulusan/alumni SMK yang telah diajarkan dan memiliki keterampilan agar bisa dipakai untuk langsung berkerja.

“Kami bermitra dengan pihak SMK yang membentuk lembaga Bursa Kerja Khusus (BKK). Ini sangat mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran,” tutur Hatta

Lembaga tersebut dapat berperan dalam menyalurkan tenaga kerja khususnya bagi lulusan/alumni SMK ke beberapa perusahaan. Dengan catatan bahwa pihak sekolah yang telah memiliki BKK ini harus mendaftarkan terlebih dahulu ke Distransnaker Kukar.

Hatta menyebut, melui SMK sekolah juga dapat menerbitkan Kartu Kuning untuk para lulusan yang ingin lanjut bekerja.

“Ada namanya Surat Tanda Daftar (STD), ini fungsinya agar sekolah dapat menerbitkan Kartu Kuning (AK1) untuk lulusan yang ingin bekerja. STD ini adalah bukti bahwa BKK sebagai mitra dan perpanjangan tangan dinas dalam penerbitan AK1,” bebernya. (Aud/ Adv Disnakertrans Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer