spot_img

Imbangi Pertumbuhan Industri, Wakil Ketua DPRD Kaltim Minta Peningkatan K3 di Perusahaan

Persepsinews.com, Samarinda – Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di setiap perusahaan yang beroperasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi perhatian Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Muhammad Samsun, yang menekankan Peningkatan K3 ini adalah urgensi yang perlu dilakukan segera.

Samsun sapaan akrabnya, melihat dengan pertumbuhan ekonomi dan industri yang pesat ini, maka K3 para pekerja harus menjadi prioritas utama.

“Termasuk, dalam mengatasi kebakaran,” kata legislatif Karang Paci itu.

Samsun menyadari bahwa kejadian berbahaya seperti kebakaran dapat mengancam kapan saja, maka itu, dia menegaskan perlunya kesiapsiagaan menghadapi situasi darurat di lingkungan kerja, terutama di sektor-sektor industri yang berpotensi tinggi risiko.

“Sistem penyelamatan (rescue) harus diperkuat. Kita tidak pernah tahu kapan bahaya bisa datang,” ujar Legislator PDI Perjuangan ini.

Selain itu, Samsun juga menyampaikan, bahwa perusahaan seharusnya memulai persiapan K3 sejak awal, bahkan sebelum mesin dan fasilitas utama mulai beroperasi.

“Penyiapan untuk upaya penyelamatan harus sudah terencana sejak awal,” ucapnya.

Legislator dari dapil Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) itu, mengatakan ancaman serius yang harus diwaspadai adalah potensi bahaya kebakaran, yang dapat mengancam semua pihak, terutama saat ada mesin dan peralatan berharga di dalam pabrik.

“Ini bisa mengakibatkan penyebaran api yang cepat, meningkatkan risiko kerugian yang signifikan,” tambahnya.

Kemudian, lanjut Samsun, evaluasi menyeluruh perlu dilakukan untuk mengidentifikasi akar penyebab kebakaran dan mencegah kejadian serupa di masa mendatang, termasuk upaya untuk meminimalkan dampak kebakaran.

“Keselamatan harus menjadi investasi utama di setiap tahap operasional perusahaan, memastikan bahwa perlindungan terhadap sumber daya manusia dan aset berharga tetap menjadi fokus utama dalam peta jalan pembangunan Kaltim,” tandasnya. (Rah/ Adv DPRD Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer