spot_img

Majukan Sektor Pertanian, Bupati Kukar Serahkan 20 Hand Traktor ke Kelompok Tani

Persepsinews.com, Kukar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), kembali menunjukkan komitmennya dalam memajukan sektor pertanian. Melalui Program Pembanguan Pertanian Berbasis Kawasan, Pemkab Kukar menyerahkan bantuan 20 unit Hand Traktor kepada Kelompok Tani (Poktan) se-Kukar.

Diketahui, penyerahan bantuan ini dilakukan di UPTD Balai Benih Induk (BBI) Tanaman Pangan dan Hortikultura Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, pada Sabtu (13/07/2024) lalu.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengatakan bantuan Hand Traktor ini diharapkan dapat meningkatkan hasil produktivitas pertanian di Kukar.

“Dengan bantuan ini, diharapkan para petani dapat mengolah lahannya dengan lebih mudah dan efisien, sehingga hasil panennya pun bisa meningkat,” ujar Edi Damansyah beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Edi Damansyah juga berpesan kepada para Ketua Poktan untuk mengelola, merawat, dan mengatur bantuan Hand Traktor ini dengan sebaik-baiknya.

“Saya titipkan pesan kepada para ketua kelompok, karena bantuan ini memang kepada kelompok, jadi ketua kelompok lah yang mengaturnya dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Bantuan Hand Traktor ini diberikan kepada Poktan di beberapa kecamatan di Kukar, antara lain Tenggarong, Loa Kulu, Loa Janan, Sebulu, Muara Kaman, Kota Bangun Darat, dan Marang Kayu. Pemilihan kecamatan-kecamatan tersebut didasarkan pada pertimbangan kesesuaian wilayah dan kebutuhan riil para petani.

Selain bantuan Hand Traktor, Pemkab Kukar juga menyediakan berbagai program lain untuk mendukung para petani, seperti Program Kredit Kukar Idaman (KKI). Program ini menawarkan pinjaman modal tanpa bunga kepada kelompok tani, nelayan, pembudidaya, dan peternak.

“Untuk KKI, pagunya Rp 50 juta per kelompok, dan satu kelompok yang terdiri dari 10 orang bisa pinjam sampai Rp 500 juta,” jelasnya.

“Dengan anggunan keterangan lahan para petani yang digarap, dan jangan sampai ada kredit macet di tempat lain karena ini persyaratannya,” timpal orang nomor satu di Kukar. (Adv/ Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer