spot_img

Pembangunan IKN Perlu Merujuk ke Model Modern Forest City

Persepsinews.com, Samarinda – Dengan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang kian masif. Anggota DPRD provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sarkowi V Zahry, menekankan pentingnya memandang ini sebagai proyek dengan orientasi jangka panjang.

Menurut Sarkowi sapaan akrabnya, ini lebih dari sekadar infrastruktur, proyek ini harus memperhatikan aspek lain demi keberlanjutan pembangunan.

Dirinya menyebut, konsep forest city yang diusung sejak awal perencanaan pembangunan menjadi fokusnya. Sarkowi menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan konsep tersebut dalam IKN, menjauhkan perhatian hanya pada jangka pendek.

“Lebih dari itu, proyek ini harus mempromosikan pembangunan berkelanjutan yang dapat dinikmati oleh masyarakat untuk waktu yang panjang,” katanya.

Kemudian, Politisi dari fraksi Golkar itu, menegaskan bahwa melihat proyek IKN sebagai investasi untuk generasi mendatang sangatlah penting.

“Infrastruktur bukan satu-satunya prioritas, tetapi manfaat jangka panjang harus menjadi fokus utama,” tegasnya.

Meskipun demikian, dia menekankan bahwa proyek pembangunan IKN tetap memiliki dampak positif yang signifikan. Termasuk bagi 10 kota dan kabupaten di Kaltim, diharapkan dapat merasakan manfaat nyata dari proyek ini.

“Tanggung jawab mereka adalah memastikan bahwa IKN berkontribusi pada kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan,” papar Sarkowi.

Dirinya memandang, implementasi proyek IKN harus dilakukan dengan baik oleh pihak yang berwenang, seperti Badan Otorita IKN. Sarkowi berharap agar IKN menjadi model pembangunan yang berhasil menggabungkan infrastruktur modern, pelestarian alam, dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

“Dengan demikian, proyek ini dapat menjadi panutan bagi pembangunan masa depan yang holistik dan berkelanjutan,” pungkas Sarkowi. (Rah/ Adv DPRD Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer