spot_img

Perlindungan Plasma Nutfah Kaltim Melalui Pengiriman Benih Pisang Gerecek

Persepsinews.com, Samarinda – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal memberikan apresiasi kepada Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kaltim atas pengiriman benih pisang yang cukup besar ke Kutim, yang merupakan sentra pisang di Kaltim.

Pengiriman 6000 benih pisang varietas gerecek ke Kutai Timur (Kutim) ini dilakukan Akmal Malik, di UPTD Balai Benih Induk Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kaltim, KM 40 Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, belum lama ini.

Akmal menyatakan apresiasinya atas kerja keras jajaran Dinas Pangan dan berharap pengiriman benih pisang dapat diperluas ke daerah lain di Kaltim seperti Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, atau daerah lainnya.

“Pengiriman benih pisang jenis gerecek, hasil dari proses kultur jaringan, yang berhasil dilaksanakan dengan lancar, menjadikan hal tersebut sebagai upaya melindungi plasma nutfah Kaltim,” ungkapnya.

Pengiriman benih pisang ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui kerjasama dengan daerah lain dan pihak swasta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kaltim, Siti Farisyah Yana, menjelaskan bahwa pengiriman benih pisang ke Kutim mendukung daerah tersebut yang telah menjadi sentra pisang di Kaltim, dengan permintaan yang signifikan dari luar negeri.

“Selain Kutim, permintaan benih pisang varietas asli Kaltim juga tinggi dari daerah seperti Balikpapan dan Kutai Kartanegara, yang telah menyiapkan hingga 120 ribu benih, termasuk benih tanaman lain non-buah,” tutupnya. (Lis/ Adv Diskominfo Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer