spot_img

Petani Kukar Sukses Kembangkan Usaha Berkat Program Kukar Idaman

Persepsinews.com, Kukar – Program Dedikasi Kukar Idaman (KKI) kembali membuktikan keberhasilannya dalam memajukan sektor pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satu contoh suksesnya adalah perkebunan milik Juanda, Ketua Kelompok Tani Parahyangan di Desa Jembayan.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 5 hektar, Juanda berhasil mengubah lahannya menjadi kebun yang subur, menghasilkan berbagai macam sayur dan buah-buahan segar.

Sebelumnya, Juanda merasa kesulitan mengembangkan kebunnya. Namun, berkat dukungan Program Kredit Kukar Idaman (KKI), ia mendapatkan suntikan modal yang sangat berarti.

“Awalnya, saya ragu-ragu untuk mengembangkan kebun saya. Tapi, berkat KKI, saya berani mengambil risiko. Pinjaman sebesar 50 juta Rupiah yang saya dapatkan sangat membantu saya untuk membeli bibit-bibit unggul dan peralatan pertanian yang dibutuhkan,” ungkap Juanda pada, Kamis (16/07/2024).

Dengan modal baru, Juanda mengatakan, semakin giat mengembangkan kebunnya. Berbagai jenis tanaman seperti terong, pepaya, cabai, dan jeruk kini tumbuh subur di lahannya.

Lanjutnya, ia juga membeberkan, bahwa keberhasilan ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarganya, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar desa.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bupati Edi Damansyah, melalui program KKI saya sangat terbantu untuk mengelola perkebunan saya agar dapat semakin berkembang,” timpalnya.

Kedepannya, Juanda memiliki harapan besar untuk menjadikan kebunnya sebagai destinasi agrowisata buah di Desa Jembayan.

“Saya ingin kebun ini tidak hanya menjadi sumber penghasilan, tetapi juga menjadi tempat wisata yang menarik bagi masyarakat,” harapnya. (Adv/ Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer