spot_img

PMI Kukar, Lakukan Terobosan Untuk Pemenuhan Darah Bagi Masyarakat

Persepsinews.com, Kukar – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerja sama dengan 3 rumah sakit di Samarinda, guna penuhi kebutuhan darah.

Adapun rumah sakit, yang tengah bekerja sama dengan PMI Kuksr yaitu, Rumah Sakit Hermina, Dirgahayu, dsn Samarinda Medica Citra (SMC).

Melalui Ketua PMI Kukar yang juga sebagai Kepala bagian (Kabag) Prokom Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar Ismed mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan mengingat masih ada kebutuhan darah bagi masyarakat Kukar yang dirawat inap di rumah sakit tersebut.

“Bagi masyarakat yang tinggalnya di pesisir pasti menuju faskes terdekat yaitu di Samarinda, terkadang ada masyarakat atau pasien asal Kukar sedang membutuhkan tambahan darah,” kata Ismed pada Senin (06/05/2024)

Adapun tujuan dari kerjasama tersebut untuk, membantu dan memudahkan masyarakat Kukar yang sedang membutuhkan donor darah, sehingga nantinya PMI Kukar akan mencukupi kebutuhan tersebut.

“Sebelum di donorkan darahnya, harus diambil sampling pasien terlebih dahulu. Kalau cocok baru didistirbusikan,” ungkapnya

Syarat untuk mengeluarkan darah harus ada surat Permohonan Darah Untuk Transfusi (PDUT) dari pihak rumah sakit, sehingga darah tersebut baru bisa didistribusikan oleh PMI Kukar.

“Alhamdulillah MoU ini disambut baik oleh management rumah sakit, karena dinilai sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan darah pasien,” ujarnya.

Ia berharap, upaya yang dilakukan saat ini benar benar membantu masyarakat atau pasien yang asalnya dari Kukar.

“Kedepan akan menjajaki rumah sakit lainnya untuk berMoU terkait hal yang sama,” tandasnya. (Rob/Adv Diskominfo Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer