spot_img

Produk Lokal Kukar Menjajaki Pasar Internasional

Persepsinews.com, Kukar – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan apresiasi yang tinggi terhadap produk lokal yang berhasil menembus pasar internasional.

Hal tersebut disampakan oleh, Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, menegaskan bahwa produk-produk lokal memiliki kualitas yang luar biasa, sehingga mampu bersaing secara global.

“Produk lokal memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga mampu bersaing dengan pasar internasional,” ujar Sayid pada Senin (06/05/2024)

Berbagai produk dari industri menengah kecil (IKM) Kukar telah sukses merambah pasar internasional. Mulai dari rumput laut, lidi sawit, hingga olahan kuliner seperti sambal dan amplang telah berhasil menembus pasar secara global.

Ia menambahkan, pihak Disperindag Kukar juga terus memfasilitasi para pelaku IKM lokal untuk memperluas pasar mereka.

“Lidi sawit kita produksi hingga berton-ton, dan untuk rumput laut sendiri, kemarin telah mengirim 5 kontainer,” ungkapnya

Sayid juga mengungkapkan, dalam mendukung ekspansi ini, Pemerindah Kabupaten (Pemkab) kedepan akan membangun pabrik industri rumput laut. Saat ini, pabrik tersebut sedang dalam tahap pengadaan alat.

“Kita targetkan 2025 pabrik itu sudah beroperasi dan kedepan kita bisa melakukan ekspor sendiri,” pungkasnya. (Rob/Adv Diskominfo Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer