spot_img

REDKAR Kecamatan Tanggarong Kukar Dibekali Pelatihan dan Perlengkapan Demi Sigap Hadapi Bencana

Persepsinews.com, Kukar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DisDamkarmatan), menggelar kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) Kecamatan Tenggarong di Balai Kecamatan Tenggarong pada, Senin (22/07/24).

Diketahui, kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, guna menandai dimulainya langkah strategis Pemkab Kukar dalam melibatkan peran aktif masyarakat dalam penanggulangan kebakaran.

Bupati Kukar, Edi Damansyah dalam sambutannya menyampaikan, apresiasinya kepada para relawan REDKAR yang telah menunjukkan dedikasi dan semangat tinggi dalam bergabung dengan program ini.

Ia menegaskan, bahwa pembentukan REDKAR merupakan wujud komitmen Pemkab Kukar dalam membangun sistem penanggulangan kebakaran yang terorganisir dan efektif.

“Ini adalah bentuk perhatian Pemkab Kukar melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, untuk mengkoordinir dan menyiap siagakan para relawan,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kukar itu menjelaskan, bahwa REDKAR bukan hanya tentang kuantitas, namun juga kualitas. Oleh karena itu, pelatihan dan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) REDKAR menjadi fokus utama dalam kegiatan ini.

“Jadi bukan hanya kuantitas tapi kualitas SDM juga dipersiapkan dengan baik, yakni struktur organisasinya dan keterampilan SDM nya,” terang Edi.

Ia berharap para relawan REDKAR dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menghadapi bencana kebakaran.

“Bupati berharap agar pelatihan ini diikuti dengan baik untuk meningkatkan keterampilan, agar siap dalam kondisi menanggulangi bencana,” imbuhnya.

Edi juga tidak lupa untuk menyampaikan komitmen Pemkab Kukar dalam mendukung REDKAR dengan menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Selain itu, ia juga akan mengupayakan perlindungan bagi para relawan dengan memberikan BPJS Ketenagakerjaan.

“Bahkan nanti dianggarkan untuk biaya operasionalnya. Untuk mengimplementasikannya maka Camat Lurah agar persiapkan hal ini supaya optimal,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DisDamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan, bahwa REDKAR dibentuk untuk membantu tugas-tugas Damkarmatan dalam pencegahan dan penanggulangan dini kebakaran pemukiman.

“Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) dibentuk untuk diharapkan berguna dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan dini kebakaran pemukiman yang mungkin saja bisa terjadi,” ujar Fida.

Para relawan REDKAR, akan dibekali dengan berbagai pelatihan tentang kemampuan dan teknis menghadapi bencana kebakaran. Mereka diharapkan dapat membantu petugas Damkarmatan dalam berbagai hal.

“Melaporkan lokasi kebakaran dengan cepat dan akurat, membantu mengisolasi area kebakaran agar tidak meluas, mengevakuasi warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran, dan memberikan ruang kepada mobil dan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api,” jelasnya. (Adv/ Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer