spot_img

Rendi Solihin Salurkan Bantuan dan Dorong Perkembangan UMKM di Handil Baru

Persepsinews.com, Kukar – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, menunjukkan komitmennya untuk memajukan UMKM. Hal ini dibuktikan dengan kunjungannya ke Kelurahan Handil Baru, Kecamatan Samboja, dalam rangka penyerahan bantuan peralatan dan modal usaha kepada para pelaku UMKM.

Dalam kunjungannya, Rendi Solihin tidak hanya menyerahkan bantuan, tetapi juga berdialog dengan para pelaku UMKM untuk mendengarkan langsung masukan, keluhan, dan kritik mereka.

Ia ingin memahami dengan baik apa yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, agar Pemkab Kukar dapat memberikan bantuan yang tepat sasaran.

Salah satu bentuk bantuan yang diberikan oleh Pemkab Kukar adalah berbagai peralatan usaha, seperti 317 unit freezer, 100 unit hand sealer, 100 unit kompor gas, 100 panci dandang, 25 spinner, dan 100 unit timbangan. Bantuan ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

“Ini efeknya sangat baik. Ibu-ibu membantu perekonomian keluarganya dengan berbagai cara, seperti mengolah hasil tani maupun mengolah hasil perikanan,” ujar Rendi Solihin beberapa waktu lalu.

Bantuan tersebut tidak hanya diberikan kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Handil Baru, tetapi juga di tiga kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Samboja, dan Kecamatan Sanga-sanga.

Selain bantuan peralatan, Pemkab Kukar juga menyediakan modal usaha bagi para pelaku UMKM melalui Program Kredit Kukar Idaman. Program ini bekerja sama dengan Bankalimtara untuk menyalurkan modal usaha kepada masyarakat dengan bunga ringan.

“Jadi, kalau ada tetangganya atau saudaranya yang juga pelaku UMKM belum dapat bantuan, segera lapor ke camat atau langsung ke instansi terkait, agar bisa dapat bantuan,” kata Rendi Solihin.

Meskipun program ini telah diluncurkan, Rendi Solihin mengakui bahwa masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkannya. Dari 55 ribu pelaku UMKM di Kukar, baru 20 persen yang mengurus bantuan Kredit Kukar Idaman.

Oleh karena itu, ia berharap, program ini dapat ditingkatkan sosialisasinya agar lebih banyak pelaku UMKM yang dapat memanfaatkannya.

Salah satu pelaku UMKM, Erni mengaku, sangat bersyukur atas perhatian dari Pemkab Kukar. Ia mengatakan bahwa bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM, terutama bagi mereka yang baru merintis usaha.

“Tentu harapan kami bantuan ini bisa membuat usaha semakin berkembang,” ujar Erni.

Erni juga menyambut baik berbagai kemudahan yang diberikan oleh Pemkab Kukar untuk membantu masyarakat, salah satunya dengan Program Kredit Kukar Idaman. Ia berencana untuk segera mengurus program tersebut agar dapat mengembangkan usahanya.

“Terus terang saya belum pernah urus (Kredit Kukar Idaman). Ya, rencananya akan mengurus,” kata Erni. (Adv/ Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer