spot_img

Sekda Kukar Sambut Tim Verifikasi Lomba RT Teladan Tingkat Provinsi di Kelurahan Maluhu

Persepsinews.com, Kukar – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara, Dr. H. Sunggono, menerima kunjungan tim verifikasi lapangan untuk penilaian Lomba Rukun Tetangga (RT) Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024, pada Rabu (24/7/24), di Sekretariat Karang Taruna Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong.

Dalam sambutannya, Sunggono mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi Pemprov Kaltim di Kukar. Kehadiran mereka dianggap sebagai kehormatan dan motivasi bagi semua pihak untuk terus berbenah serta meningkatkan kualitas lingkungan dan pelayanan di tingkat RT. Ia menyatakan kegembiraannya karena Pengurus RT 4 Kelurahan Maluhu termasuk dalam nominasi peserta Lomba RT Tingkat Provinsi Kaltim, sebagai bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, dan semangat gotong royong.

“RT adalah wilayah administratif terkecil yang dipimpin oleh seorang Ketua. RT memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain dalam hal pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, serta sebagai wahana komunikasi dan pemelihara keamanan dan ketertiban,” jelas Sunggono.

Keberadaan RT diharapkan menjadi motor penggerak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di tingkat bawah, memberikan kontribusi signifikan bagi terwujudnya masyarakat sejahtera, aman, dan harmonis.

Pemkab Kukar, melalui Program Dedikasi Kukar Idaman, telah mencantumkan Program Rp 50 juta per RT sebagai wujud komitmen dalam Visi Misi KUKAR IDAMAN. Program ini bertujuan mendorong kemandirian dan pemberdayaan masyarakat di tingkat RT, sehingga mampu melaksanakan pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup secara mandiri.

Sunggono berharap agar Pengurus RT 4 dapat memaparkan inovasi, kegiatan, dan capaian yang telah diraih secara jelas dan detail.

“Sampaikan semua inovasi, kegiatan, dan capaian yang telah diraih. Semoga dengan paparan yang komprehensif, nilai yang diperoleh nantinya dapat maksimal, dan menghantarkan RT 4 Kelurahan Maluhu menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Kaltim,” ujarnya.

Keberhasilan RT 4 saat ini tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat. Dengan semangat gotong royong dan dukungan dari seluruh warga, Sunggono yakin RT 4 Kelurahan Maluhu akan terus berkembang dan menjadi contoh bagi RT lainnya di Kabupaten Kukar. Ia juga berharap penilaian oleh Tim Verifikasi dapat memberikan masukan dan saran konstruktif, sehingga kualitas lingkungan dan pelayanan di tingkat RT terus meningkat.

“Selamat berjuang kepada seluruh pengurus dan warga RT 4, Kelurahan Maluhu. Semoga sukses,” tandas Sunggono.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Lomba RT Teladan Se-Kaltim, Helvin Syahruddin, menyatakan bahwa penilaian lomba RT Teladan ini merupakan yang pertama kali digelar dan Kabupaten Kukar menjadi pilot project. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyemarakkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

“Kegiatan ini diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota di Kaltim yang dibagi dalam dua kategori, yaitu RT yang ada di 841 desa dan RT yang ada di 197 kelurahan,” tambah Helvin. (Adv/ Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer