spot_img

Sukses Kukar Idaman: Dedikasi untuk Masyarakat Pesisir

Persepsinews.com, Kukar – Pemerintah daerah (Pemda) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menorehkan prestasi gemilang dalam mendukung sektor perikanan. Melalui berbagai program dan bantuan yang disalurkan, mereka berhasil mencapai target yang membanggakan, menyasar 25 ribu orang yang terlibat dalam berbagai aspek perikanan.

Di bawah kepemimpinan orang nomor satu di Kukar Edi Damansyah, produksi perikanan tangkap di Kukar meningkat sebesar 22 persen menjadi 98.397 ton pada 2023, sementara produksi perikanan budidaya melonjak sebesar 51 persen, mencapai 191.122,52 ton pada tahun yang sama.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kukar, Muslik, mengumumkan dengan bangga bahwa pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Sungai Meriam telah selesai.

Langkah ini, tidak hanya diharapkan akan meningkatkan perputaran ekonomi di sektor perikanan Kecamatan Anggana, tetapi juga memberikan akses pasar yang lebih luas dan efisien bagi nelayan setempat.

“Inisiatif ini bukan hanya tentang infrastruktur, tetapi juga tentang memperkuat komunitas nelayan dan pembudidaya ikan di Anggana,” ungkap Muslik pada, Minggu (17/03/2024)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, juga memberikan bantuan yang substansial kepada para pembudidaya. Dalam dua tahun terakhir, bantuan benur yang mencapai 254.946.500 ekor telah disalurkan.

“Dalam dua tahun terakhir, luar biasa bantuan benur yang telah disalurkan (254.946.500 ekor pada 2023.” Ungkapnya

Muslik berharap, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan pembudidaya memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk bertahan dan berkembang.Peningkatan produksi perikanan tangkap dan budidaya yang signifikan juga merupakan hasil dari kebijakan yang tepat.

“kami berharap dapat meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan. Ini bukan hanya tentang infrastruktur, tetapi juga tentang memperkuat komunitas nelayan dan pembudidaya ikan di Anggana.” Harapnya

Disisi lain, Masyarakat pesisir Anggana juga merasakan dampak positif dari inisiatif-inisiatif ini. Bukan hanya bertahan, mereka juga mengalami kemajuan pesat.

Salah satu pembudidaya ikan di Desa Muara Pantuan, Aswar Menyebutkan, Dedikasi Kukar Idaman telah menyentuh kehidupan mereka. Mesin diesel dan ketinting, cool box untuk menyimpan ikan, semuanya telah menjadi bagian dari perubahan yang dia rasakan.

“Banyak bantuan yang telah kami terima, terutama bibit dan racun saponin yang sangat membantu kami,” ungkap Aswar

Sementara itu, salah satu nelayan yang dikenal dengan sebutan Irwan juga mengatakan, Nelayan di Desa Muara Pantuan juga banyak merasakan dampaknya. Mesin diesel, alat tangkap, hingga bantuan langsung tunai bukan cuma membuat mereka bertahan, tapi juga berkembang pesat.

“Di sini kami bisa menjual hasil tangkapan dengan nilai yang baik. Harganya alhamdulillah sesuai,” tandasnya. (Rob/Adv Diskominfo Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer