spot_img

Tingkatkan Pelayanan Melalui Transformasi Sistem Kesehatan di Kaltim

Persepsinews.com, Samarinda – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan Wilayah Program Kesehatan Pusat dan Daerah di Provinsi Kaltim Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Dr. Sundoyo, MKM, M. Hum selaku Staff Ahli Bidang Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan dan dr. Soenarto, M. Kes selaku Direktur TKPK Kementerian Kesehatan. Hadir juga 10 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten & Kota, Kepala Bidang dan beberapa Kepala Seksi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut Staff Ahli Bidang Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan Sundoyo mengatakan, rapat tersebut bertujuan untuk menjalankan sistem otonomi daerah dimana Kementerian ingin satu unit eselon di setiap wilayah mampu melakukan pembinaan program Kesehatan dari pusat agar bisa di implementasikan dengan baik di daerah.

“Era otonomi daerah tidak mudah, sehingga kemenkes mencoba bagaimana setiap unit eselon 1 diminta untuk membina wilayah tertentu dalam rangka menyambungkan program kesehatan untuk pusat dan daerah. Agar betul2 terimplementasi di daerah” ungkap Dr Sundoyo.

Sundoyo mengungkapkan, terdapat tiga arahan Presiden Joko Widodo terhadap kementerian kesehatan guna peningkatan mutu layanan kesehatan di seluruh Indonesia. Diantaranya melakukan optimalisasi maksimal hingga transformasi sistem kesehatan Indonesia.

Hal inilah yang menjadi dasar perlunya dilakuan perubahan sistem kesehatan ditengah era otonomi daerah saat ini.

“Ada 3 hal mandat dari presiden jokowi yang menjadi tugas pak menteri kesehatan, vaksinasi secepat mungkin, mengatasi pandemi, dan transformasi sistem kesehatan indonesia.” tambahnya. (Ozn/ Adv Dinkes Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer