spot_img

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Harapkan Peran Aktif Sektor Kesenian dan Ekonomi Kreatif

Persepsinews.com, Samarinda – Dalam upaya memajukan Kalimantan Timur (Kaltim), Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati, mendorong para seniman, musisi, dan ekonomi kreatif untuk berperan lebih aktif.

Dirinya mengatakan, Kaltim yang selama ini dikenal sebagai penghasil sumber daya alam seperti batu bara, minyak, dan gas. Puji menyadari pentingnya mencari pendekatan yang lebih beragam dalam mengembangkan ekonomi daerahnya.

“Kita semua sama-sama tau, ketergantungan pada sumber daya alam tersebut memiliki batas waktu, dan saatnya bagi Kaltim untuk beralih ke sumber ekonomi yang lebih berkelanjutan,” katanya.

Menurut Puji, pendekatan yang lebih beragam perlu diambil, di mana seniman, musisi, dan sektor pariwisata dapat menjadi pendorong utama dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Kita bisa lakukan pendekatan yang lebih beragam. Misalnya di mana seniman, musisi, dan pariwisata dapat berperan sebagai faktor utama dalam meningkatkan perekonomian daerah,” ujarnya.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) Kota Samarinda itu, menyebut diversifikasi ekonomi menjadi kunci, dan langkah pertama adalah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan memanfaatkan potensi ekonomi kreatif, seni, dan pariwisata.

“Hal ini juga mencakup upaya pembinaan dan pengembangan para seniman, musisi, dan pelaku seni,” sebutnya.

“Untuk itu, pentingnya investasi dalam infrastruktur dan sarana prasarana yang mendukung perkembangan sektor ini,” tutur Puji.

Legislator Demokrat itu menjelaskan, jika program ini dimasukkan ke dalam prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim.

“Ini akan mendapatkan dukungan dari berbagai instansi terkait, termasuk penyelarasan dengan program provinsi dan pelaksanaan di tingkat SKPD yang relevan,” tutupnya. (Rah/ Adv DPRD Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer