spot_img

Aplikasi Sirekap Berikan Keterbukaan Informasi Dalam Pemilu 2024

Persepsinews, Samarinda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya meningkatkan keterbukaan informasi dalam pelaksanaan pemilih umum. Hal itu diwujudkan melalui penggunaan aplikasi Sirekap Pemilu 2024.

Sirekap merupakan sebutan untuk Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik yang dikembangkan dan digunakan oleh KPU untuk perhitungan suara. Sebelumnya, teknologi ini hanya sebatas instrumen untuk mempublikasikan hasil pemilu. Namun, sejak Pilkada Serentak 2020, Sirekap dimanfaatkan sebagai alat bantu rekapitulasi manual berjenjang.

Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat mengatakan, melalui aplikasi ini para petugas KPPS akan dipermudah dalam proses perhitungan suara. Melalui aplikasi ini, tidak hanya para calon anggota legislatif melainkan seluruh masyarakat dapat mengakses data hasil perhitungan suara.

Penggunaan aplikasi ini juga untuk membantu menghindari tindak kecurangan pada pemilu serentak.

“Sekarang ada yang namanya sirekap, dengan sirekap ini semua menjadi transparan, hasil perhitungan suara tidak hanya bisa dilihat oleh caleg melainkan seluruh masyarakat,” tutur Firman.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024, Sirekap adalah perangkat aplikasi berbasis teknologi informasi sebagai sarana publikasi hasil perhitungan suara dan proses rekapitulasi hasil perhitungan suara, serta alat bantu dalam pelaksanaan hasil perhitungan suara pemilu.

terdapat dua jenis Sirekap, yakni versi mobile dan web. Sirekap Mobile digunakan oleh KPPS untuk melakukan perhitungan atau rekapitulasi hasil pemungutan suara di masing-masing TPS. Sedangkan Sirekap versi web digunakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota KPU di Kota/Kabupaten dan Provinsi.

Dari sisi fungsi, kedua jenis Sirekap ini juga memiliki perbedaan. Sirekap Mobile berfungsi sebagai sumber data utama perolehan suara yang tertuang dalam Formulir C.Hasil-KWK. Sedangkan Sirekap Web berfungsi untuk menghimpun dan menjumlah seluruh sumber data utama.

Firman Hidayat berharap, melalui penggunaan aplikasi ini pemilu serentak 2024 bisa berjalan sukses, aman, transparan dan akuntabel. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer