spot_img

Berpotensi Jadi Destinasi Wisata, Waduk Samboja Perlu Pengawasan Dari Ancaman Tambang Ilegal

Persepsinews, Balikpapan – Penjabat Gubernur Kaltim Akmal kembali melakukan kunjungan ke Waduk Samboja. Dalam kesempatan itu, Akmal menilai tempat tersebut merupakan kawasan potensial untuk menjadi destinasi wisata baru yang akan menjadi salah satu andalan Kalimantan Timur.

Lokasi ini bisa menjadi destinasi wisata yang sangat menarik karena memiliki panorama alam yang begitu menawan. Ditambah lagi, air yang jernih dan bersih.

Meski demikian, keindahan dan keaslian waduk ini harus tetap dijaga karena fungsinya yang begitu penting sebagai sumber air bagi para petani setempat, sekaligus pengendali banjir.

Waduk Samboja bisa menjadi alternatif bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan panorama alam, namun terbatas dari sisi waktu dan anggaran.

Misal, masyarakat sangat ingin berkunjung ke destinasi wisata Labuan Cermin di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, namun terkendala jarak yang jauh. Masyarakat bisa berkunjung ke Waduk Samboja sebagai alternatif. Sebab keindahannya tak kalah menawan dengan Labuan Cermin atau destinasi wisata lainnya di Kaltim.

“Kadang kita hanya melihat yang jauh-jauh. Padahal di sekitar kita ada yang tidak kalah indahnya, tapi kita malah belum tahu. Waduk Samboja ini salah satunya. Tim saya sudah ambil videonya pakai drone dan memang luar biasa indahnya,” tutur Akmal (16/6/2024).

Akmal berpesan agar pemanfaatan Waduk Samboja menjadi tempat wisata tetap harus dalam koordinasi dan pengawasan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV, mengingat fungsinya yang sangat vital.

Satu potensi ancaman yang bisa merusak kondisi Waduk Samboja di masa depan adalah praktik tambang ilegal di sekitar waduk, seperti terjadi di Waduk Benanga Samarinda.

Saat berkunjung ke Waduk Samboja sore tadi, Pj Gubernur Akmal Malik didampingi istri tercinta Yulia Zubir Akmal Malik dan kedua putra putrinya. Mereka nampak terkesan menikmati keindahan waduk yang berada di perbatasan antara Kelurahan Karya Jaya, Kelurahan Margomulyo dan Kelurahan Argosari Kecamatan Samboja.

Selain mereka tampak pula para pengunjung lainnya. Sambil menikmati keindahan danau, mereka juga menikmati kelapa muda. Berkembangnya wisata Waduk Samboja di masa depan diyakini Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu secara langsung juga akan mengangkat perekonomian masyarakat setempat. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer