spot_img

Dukung Ketahanan Pangan IKN, Pemprov Kaltim Tanam 1.000 Bibit Pisang Kepok Grecek

Persepsinews, Balikpapan – Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik memimpin penanaman 1.000 bibit pohon pisang kepok grecek di km 24 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Utara.

Aksi penanaman pohon ini bertujuan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar daerah-daerah sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) membantu menyiapkan ketersediaan pangan untuk ibu kota baru Indonesia.

“Sore ini saya berada di km 24 di lokasi Pak Haji dan kawan-kawan. Kita menanam 1.000 bibit pisang kepok grecek. Mudah-mudahan hasilnya bagus,” kata Pj Gubernur Akmal Malik di lokasi penanaman bibit pisanSabtu (15/6/2024).

Walau memiliki lokasi yang sedikit jauh dari titik nol IKN, namun lokasinya memiliki kecocokan untuk komoditi tanaman pisang.

“Lokasi ini hanya 6 km dari Titik Nol IKN. Dekat banget sebenarnya,” ucap Akmal.

“Kita akan mengoptimalkan pangan, salah satunya melalui tanaman pisang,” imbuhnya.

Penanaman 1.000 bibit pisang kepok grecek itu akan dilakukan oleh kelompok tani setempat. Akmal berpesan agar jika ternyata produksinya bagus, maka para petani juga harus mampu mengolah pisang itu menjadi produk bernilai tambah.

“Seperti desa-desa di Kutai Timur, mereka mampu mengolah pisang kepok grecek ini menjadi produk ekspor bernilai ekonomi tinggi,” pesan Akmal.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana mengatakan, potensi pengembangan area penanaman pisang kepok grecek yang banyak diminati beberapa negara dunia itu masih sangat terbuka.

Walaupun pembibitan dilakukan di lokasi eks tambang-tambang namun produksinya masih bisa didorong guna peningkatan ketahann pangan Kaltim.

“Kita punya potensi besar untuk penanaman pisang kepok grecek di lokasi-lokasi eks tambang,” ujarnya. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer