spot_img

Jadi Percontohan Skala Nasional, MPP Samarinda Hadirkan 36 Unit Layanan Publik

Persepsinews, Samarinda – Mall Pelayanan Publik (MPP) Samarinda terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat melalui perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana. Langkah ini diambil untuk memastikan setiap warga Kota Tepian dapat mengakses layanan publik dengan lebih mudah dan efisien.

Dalam beberapa waktu terakhir, MPP Samarinda telah melakukan berbagai pembaruan, termasuk renovasi ruang tunggu, peningkatan fasilitas aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, serta penambahan titik informasi digital untuk mempermudah pencarian informasi.

MPP Samarinda menjadi wadah untuk menyatukan segala bentuk layanan dasar. Pembangunan MPP di Kota Samarinda merupakan yang pertama kali di Pulau Kalimantan bahkan menjadi 1 dari 7 Mall Pelayanan Publik di Indonesia, hal tersebut menandakan jika komitmen pemerintah untuk memperbaiki kualitas pelayanan terus meningkat di berbagai daerah di Indonesia.

MPP pertama di Pulau Kalimantan ini sudah memiliki 36 unit penyelenggara pelayanan publik yang bergabung di MPP Samarinda. Diantaranya seperti Bank Kaltimtara, Imigrasi kelas I, KPP Pratama, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PT Taspen dan Polresta Samarinda.

Gedung MPP Samarinda sendiri memiliki empat lantai. Lantai 1 dan 2 berfungsi sebagai pusat pelayanan, sementara untuk lantai 3 dan 4 untuk back office.

Pejabat Fungsional Perencana Ahli Muda, MPP Samarinda Siti Raihana mengungkapkan, saat ini Mall Pelayanan Publik terus mengalami peningkatan pengunjung. Bahkan dalam sehari MPP Samarinda bisa mencatat sekitar 100-150 layanan.

Sejumlah layanan seperti Imigrasi, Kependudukan, BPJS Kesehatan hingga kepengurusan SIM dan STNK menjadi layanan yang paling aktif.

Untuk itu kedepan, sejumlah sarana dan prasarana akan ditingkatkan agar bisa mencover seluruh kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

“Memang ada peningkatan terkait kunjungan masyarakat ke MPP Kaltim, terutama ada dua unit pelayanan yang selalu ramai seperti Imigraai dan kepengurusan SIM dan STNK, untuk peningkatan sarana dan prasarana kita rencanakan tahun ini,” ungkap Siti (2/8/2024).

Dengan layanan dan fasilitas yang cukup lengkap, MPP Samarinda pun mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat setempat. Mereka mengaku dipermudahkan dalam mengakses seluruh layanan yang diperlukan, seperti kepengurusan SIM dan STNK hingga paspor dan layanan lainnya.

” Ya saya tadi perpanjangan STNK, untuk pelayanan cepat sih tadi pak, sudah beberapa kali ngurus disini cepat aja,” ujar Sukarni.

“Tadi ngurus berkas aja untuk paspor, layanannya cepat nyaman, cuman untuk kuotanya bisa bertambah aja sih biar lebih banyak,” kata Armawan

Saat ini total seluruh layanan di MPP terdiri sebanyak 163 item terdiri dari 16 OPD Pemerintah Kota (Pemkot) memberikan 122 layanan, 1 layanan OPD Pemerintah Provinsi yakni Samsat, 1 lembaga non struktural yakni Baznas, 5 Kementerian dengan 22 layanan, 5 BUMN dengan 13 layanan dan 2 BUMD dengan 4 layanan.

Kedepan, MPP Samarinda akan terus meningkat layanan baik secara offline maupun online. Sebagai MPP pertama di luar pulau Jawa dan Bali, MPP Samarinda juga menjadi percontohan bagi provinsi lain.

Melalui pengawasan Ombudsman RI dan Bappenas, Mall Pelayanan Publik Samarinda yang kini telah mendapatkan predikan Prima akan terus menjaga transparansi layanan publik untuk masyarakat. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer