spot_img

Kaltim Sukses Jadi Tuan Rumah Latsitardanus 2024

Persepsinews, Balikpapan – Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri pembukaan Pembukaan Latsitardanus XLIV/2024 di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) di Provinsi Kalimantan Timur mengangkat tema “Menuju Kalimantan Timur Unggul dan Maju”.

Pj Gubernur Akmal Malik menyampaikan ungkapan terima kasih kepada jajaran Akademi Militer TNI, Polri, Universitas Pertahanan, IPDN dan PSSN yang telah memilih Kaltim sebagai tuan rumah Latsitardanus tahun ini.

“Kami menyampaikan apresiasi tinggi dan sangat berterima kasih kepada Akmil TNI, Polri, Unhan dan PSSN karena Kaltim telah dipilih menjadi tuan rumah Latsitardanus XLIV/2024,” kata Akmal, Senin (6/5/2024).

Menurut Akmal, dipilihnya Kaltim sebagai tuan rumah sangat tepat di tengah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Seperti harapan Pak Presiden, IKN akan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nah, dari IKN ini kita akan menggodok kebersamaan para calon pemimpin bangsa melalui Latsitardanus,” harapnya.

Acara pembukaan dipimpin dua inspektur upacara sekaligus yakni Danjen Akademi TNI Letjen TNI Rudianto mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto mewakili Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Dalam arahannya, Panglima TNI menyampaikan Latsitardanus akan menjadi ajang solidaritas TNI, Polri dan masyarakat.

“Ini akan menjadi bekal menyongsong tugas masa depan,” kata Letjen Rudianto.

Para taruna tingkat akhir itu akan mengerjakan pekerjaan fisik berupa karya bakti, perbaikan musala, poskamling, jalan kampung, dan lain sebagainya.

Selain pekerjaan fisik, para taruna juga akan melakukan kegiatan nonfisik seperti penyuluhan kesehatan, bela negara, promosi wisata dan integrasi lainnya.

“Inilah kesempatan para taruna, para calon pemimpin masa depan bangsa untuk melakukan interaksi dan integrasi di tengah masyarakat,” tambah Letjen Rudianto.

“Pak Pj Gubernur, Pangdam dan Kapolda, kami titip putra putri terbaik kami,” tambahnya.

Sementara Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto menyampaikan pesan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bahwa peserta Latsitardanus adalah taruna tingkat akhir.

“Mereka telah menjalankan pendidikan. Kali ini waktunya implementasi, mempraktikkan kompetensi yang dimiliki di laboratorium lapangan,” kata Komjen Purwadi Arianto. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer