spot_img

Akmal Malik Dorong Pemanfaatan Lahan Pascatambang Untuk Pangan di Kukar

Persepsinews, Tenggarong – Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyarankan agar lahan-lahan pascatambang di areal PT Indominco Mandiri (IMM) bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pengembangan kawasan pangan. Masyarakat bisa menanam sayur mayur, padi, jagung dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Akmal saat melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Santan Ilir, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (26/6/2024).

“Offtaker-nya (pembelinya) jelas. Nanti kerja sama. Masyarakat menanam, nanti dijual untuk memenuhi kebutuhan karyawan Indominco dan masyarakat umum,” saran Akmal.

Sementara soal penanaman mangrove, Akmal juga memuji komitmen PT Indominco Mandiri menjaga lingkungan dan kawasan pesisir dengan melakukan penanaman pohon mangrove.

“Indominco mengajak kita membangun perspektif tentang langkah-langkah penambangan yang sangat eco-freindly,” puji Akmal.

“Kita tidak boleh antitambang, sebab tambang (batu bara) itu kan anugerah Tuhan. Terpenting bagaimana kita bisa menjaga keseimbangan alam kita,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur PT Indominco Mandiri Era Tjahya Saputra menjelaskan selama beberapa tahun ini pihaknya sudah menanam mangrove seluas 72 hektare di sejumlah desa pesisir Marangkayu, seperti Kersik dan Santan Ilir.

“Hari ini kita lakukan penanaman untuk lahan di Santan Ilir seluas 50 hektare. Total nanti sekitar 130 hektare kita tanam mangrove,” sebut Era Tjahja.

Dirinya sependapat agar upaya-upaya kolaborasi perusahaan dan masyarakat sekitar perusahaan bisa memberi nilai keekonomian dan kepariwisataan. Kolaborasi bisa dilakukan dengan badan usaha milik desa (Bumdes).

“Nanti kita juga akan bantu untuk penanaman rumput laut berkolaborasi dengan ikan,” sambung Era Tjahja.

Soal pemanfaatan lahan eks tambang di areal Indominco, Era Tjahja pun sangat mendukung. Terpenting, mereka juga didukung dengan regulasi yang kuat sebagai payung hukum.

“Ini akan menjadi awalan yang baik untuk kita membangun kolaborasi lebih erat dengan Pemprov Kaltim demi mendukung ketahanan pangan di daerah ini,” tutup Era Tjahja. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer