spot_img

Pj Gubernur Kaltim Ingin Ada Sinergi Antar Petani dan Dinas Terkait Produksi dan Pelatihan Pangan

Persepsinews, Samarinda – Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik menilai lokasi perkebunan petani milenial yang berlokasi di kawasan kilometer 12 Karang Joang Balikpapan Utara memiliki potensi positif untuk menopang kebutuhan pangan di Kaltim.

Dalam kunjungannya, Akmal Malik meninjau lahan milik salah satu petani milenial milik bapak Agus, yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai lahan perkebunan.

Akmal menyebut, meskipun hanya sebagian kecil lahan milik Agus yang dimanfaatkan, namun pentingnya kerjasama dengan Dinas Kehutanan dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan tersebut.

“Pola kerjasama yang kreatif dan baik dapat membantu petani milenial untuk lebih efisien dalam mengelola lahan mereka,” ujar Akmal Malik.

Akmal Malik menekankan pentingnya petani milenial untuk tidak hanya berfokus pada tahap menanam dan menghasilkan, tetapi juga memperhatikan nilai tambah produk pertanian. Contohnya, pepaya mini Balikpapan yang memiliki nilai jual tinggi karena dapat langsung dikonsumsi.

Untuk mendukung pengembangan petani milenial, Pj Gubernur berencana untuk menyelenggarakan pelatihan. Dengan dukungan dari Pemuda Petani Milenial Kaltim, diharapkan rumah-rumah produksi dapat dibangun untuk memperkuat sektor pertanian di wilayah tersebut.

“Kami ingin petani Kaltim tidak hanya menjual produk mentah, tetapi juga mampu menghasilkan produk hilirisasi UMKM dengan nilai yang lebih tinggi,” tambahnya. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer