spot_img

Berdampak Tambah Angka Kemiskinan Baru, Isran Noor Pastikan Tak Hapus Tenaga Honorer

Persepsinews, Samarinda – Ditengah pelantikan Ardiansyah Sulaiman sebagai ketua Pengurus Daerah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (IKA Unmul) Kabupaten Kutai Timur dan mengukuhkan Kasmidi Bulang sebagai Ketua DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kutai Timur, masa bakti 2022-2027 di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Selasa (12/10/2022).

Gubernur Kaltim Isran Noor kembali menyampaikan komitmennya dan bersumpah selama masih menjabat Gubernur tidak akan menghapus tenaga honorer di lingkup pemprov Kaltim.

Isran Noor mengatakan, jika dilihat saat ini anggota IKA Unmul yang terdata kurang dari 10 ribu orang, sementara anggota Perhiptani seluruh Indonesia itu ada 82 ribu, karena setiap desa ada penyuluh dan ditambah lagi komponen pendukungnya seperti Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang jumlahnya 480 ribu di seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut diungkapkan Isran, anggota perhiptani Kutim masih banyak yang berstatus honorer.

“Dari jumlah itu banyak yang honor, termasuk pengurus dan anggota Perhiptani Kabupaten Kutai Timur yang jumlahnya 265 orang, juga masih banyak yang honor,” tutur Isran.

Isran mempertanyakan apa alasan sebenarnya penghapusan tenaga honor, sedangkan pemerintah belum mampu menciptakan lapangan kerja di luar pemerintahan. Apalagi, dari data yang ia dapat terdapat sekitar tiga juta tenaga honor guru hingga tenaga kesehatan.

“Data yang saya dapatkan, tenaga honor di seluruh Republik Indonesia jumlahnya lebih kurang 3 juta orang, itu termasuk honor guru, penyuluh dan tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Jika seluruhnya masing-masing menanggung 4 anggota keluarga lanjut Isran, maka dampaknya akan menambah angka pengangguran baru.

“Dan dampaknya, pemerintah secara tidak langsung menambah angka pengangguran serta menciptakan kemiskinan baru,” ungkapnya.

Untuk itu kedepan Isran bertekad tidak akan menghapus tenaga honorer walaupun harus berganti nama serta ingin meningkatkan kesejahteraan mereka. (Ozn/Adv)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer