spot_img

Camat Loa Kulu Dorong Pamsimas Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Dusun II Tudungan

Persepsinews.com, Kukar – Pemerintah Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendorong pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Dusun II Tudungan, Desa Jembayan Tengah. Hal tersebut berjalan dengan 23 Program Dedikasi Kukar Idaman yang diusung dalam masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengatakan, bahwa Pamsimas di Desa Jembayan Tengah, khususnya di Dusun II Tudungan, masih belum berjalan. Namun, ia menegaskan bahwa hal tersebut tidak menyurutkan komitmen pemerintah untuk segera mewujudkannya.

“Memang untuk sementara di Desa Jembayan Tengah ini belum berjalan Pamsimasnya, terutama di Dusun II Tudungan,” ucap Ardiansyah pada, Rabu (17/05/2024).

Namun, ia mengungkapkan, bahwa Pamsimas diwilayah lain di Kecamatan Loa Kulu, telah terealisakikan dengan baik seperti, Jembayan Dalam dan Sungai Payang, hingga Jonggon telah mendapatkan kebutuhan air bersih.

Lebih lanjut, Ardiansyah Menyadari bahwa kebutuhan air bersih yang mendesak di Dusun II Tudungan perlu dorongan lebih. Maka dari itu, ia bersama jajarannya telah mengajukan usulan pembangunan Pamsimas kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kukar.

“Kami tengah memasukkan usulan dan diharapkan usulan ke Dinas Perkim terkait Pamsimas ini dapat terealisasikan dengan cepat,” jelasnya.

Sebelumnya, pembangunan Pamsimas ini sempat direncanakan untuk menggunakan danau bekas tambang batu bara sebagai sumber air bersih. Namun, rencana tersebut urung dilaksanakan karena air di danau tersebut tidak memenuhi syarat kesehatan.

“Waktu itu kita ingin menggunakan danau bekas Eks Tambang Batu Bara, namun dari Dinas Kesehatan tidak memberikan izin dikarenakan air tidak bersih,” terangnya.

Oleh karena itu, Ardiansyah juga mendorong Pemerintah Desa Jembayan Tengah, untuk berkaloborasi dengan warganya agar dapat mencari titik atau lokasi sumber air bersih yang potensial di wilayah Dusun II Tudungan, untuk pembuatan Pamsimas.

“Mengapa kita dorong diadakan Pamsimas itu bertujuan untuk masyarakat dapat menikmati air bersih dan warga desa jembayan tengah khususnya di dusun II Tudungan dapat hidup lebih sehat,” paparnya.

Selain itu, Ardiansyah menegaskan, akan melakukan penyediayaan sumber air bersih, tidak akan berhenti di Dusun II Tudungan, melainkan dapat terealisasikan keseluruh desa di Kecamatan Loa Kulu.

“Kami dari Pemerintah Kecamatan Loa Kulu akan terus menggalakan dorongan kedepannya terkait air bersih ini bukan hanya di dusun II ini melainkan seluruh desa yang berada di wilayahnya, sesuai dengan 23 Program Dedikasi Kukar Idaman” tegasnya. (Adv/ Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer