spot_img

Cetak Sumberdaya Unggul, Disdikbud Kaltim Komitmen Dukung Program Merdeka Belajar

Persepsinews, Samarinda – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Muhammad Kurniawan mengatakan, pemerintah terus berupaya menciptakan sumber daya manusia yang unggul melalui bidang pendidikan.

Hal itu diwujudkan melalui kebijakan Kemendikbudristek dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul bagi mahasiswa yakni melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang saat ini sudah berjalan di Kaltim.

Program tersebut bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang unggul dengan pendidikan yang berkualitas menuju Indonesia maju.

“Kita sudah ada program sekolah penggerak dari mas menteri kampus merdeka khusus di kaltim,” tutur Kurniawan di Samarinda.

Hal yang dibutuhkan untuk mencapai semua target dan mimpi harus dilandasi pada literasi, kompetensi, dan karakter yang berkualitas. Perguruan tinggi pun memiliki peran penting dalam menyiapkan lulusan yang unggul dan berkemajuan. Penguatan ekosistem Kampus Merdeka diperlukan agar mahasiswa mampu meraih mimpinya.

Kepemimpinan, kebijakan, pendanaan, pengembangan karier, jejaring kemitraan, teaching & research factory, kewirausahaan dan inkubasi bisnis, serta science & technopark menjadi ekosistem kampus yang wajib dimiliki.

Kurniawan berharap, kedepan akan ada banyak program lagi yang bisa dikembangkan di Kalimantan Timur melaui sektor pendidikan. Mulai mengembangkan sektor UMKM melalui peran mahasiswa muda, apalagi Kaltim didukung bonus demografi dimana dekat dengan Lokasi Ibu Kota Negara Nusantara.

“Banyak program yang kita bisa kembangkan, untuk bisa menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dengan bonus demografi dimana Kaltim menjadi ibu kota negara nusantara,” katanya. (Ozn/ Adv Disdikbud Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer