spot_img

Fasilitasi Pendataan dan Pelatihan, Diskop UKM Kukar Bentuk Komunitas UMKM

Persepsinews.com, Tenggarong – Kelompok atau komunitas telah terbentuk di sejumlah kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar) dengan tujuan untuk memudahkan pendataan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan UKM, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kukar, Dianto Raharjo.

Meski belum semua kecamatan telah terbentuk komunitas tersebut, Diskop UKM Kukar akan memberikan fasilitasi untuk membentuk komunitas di kecamatan yang belum terbentuk.

“Tujuannya adalah untuk melakukan pendataan serta bersinergi dalam hal pelatihan yang belum dilakukan,” ujar Dianto, belum lama ini.

Lebih lanjut untuk memfasilitasi kelompok UMKM tiap Kecamatan, Diskop UKM Kukar telah mendirikan sebuah klinik UMKM di Toko UKM Center Idaman di Desa Loa Kulu Kota, Kecamatan Loa Kulu.

“Klinik ini menjadi tempat konsultasi bagi pelaku UMKM terkait izin usaha, akses biaya modal melalui Program Kredit Kukar Idaman, serta informasi mengenai pelatihan yang diselenggarakan oleh Diskop UKM,” bebernya.

Dianto menyatakan bahwa keberadaan klinik tersebut memudahkan warga di Loa Kulu untuk mendapatkan informasi pelatihan tanpa harus pergi jauh.

“Diskop UKM Kukar juga berencana untuk membuka klinik-klinik UMKM di kecamatan lainnya, dengan Loa Kulu sebagai proyek pertama dan rencana untuk membentuk klinik-klinik di beberapa kecamatan lainnya pada tahun ini,” pungkasnya. (Adi/ Adv Pemkab Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer