spot_img

Lulusan SMK Kini Dibekali Sertifikat Agar Lebih Mudah Masuk Dunia Kerja

Persepsinews, Samarinda – Menanggapi usulan Disnakertrans Kaltim terkait peningkatan kompetensi pendidikan di SMK yang lebih baik dan bisa bersaing di dunia kerja, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur Muhammad Kurniawan mengatakan, saat ini Disdik telah miliki sejumlah program.

Seperti, memberikan sertifikasi khusus terkait bidang pendidikan yang diambil selain mendapat ijazah dari sekolah. Menurutnya, hal ini akan mampu menjadikan siswa lulusan SMK bisa mendapatkan prioritas lebih di dunia kerja sesuai dengan industri yang ada.

“Kita juga akan biayai ujian sertifikasi nya, sehingga jika siswa itu sudah lulus keluar, dia tidak hanya dibekali dengan ijazah tetapi juga dengan sertifikasi nya sehingga dia nanti bisa diterima di dunia kerja sekitarnya,” tutur Kurniawan Kamis (2/3/2023) di Samarinda.

Disampaikan Kurniawan, tidak hanya untuk sekolah kejuruan tetapi sertifikasi juga diberikan di tingkat SMA. Mereka juga diberikan peningkatan kompetensi di bidang kewirausahaan.

Upaya ini menjadi langkah pemerintah agar kedepan banyak wirausaha muda muncul, selain mengurangi tingkat penganggursn juga sebagai langkah peningkatan sektor ekonomi di daerah.

“Sekarang di SMA juga tidak hanya di berikan peningkatan kompetensi, selain proses belajar mengajar biasa tapi juga dibekali kewirausahaan,” ucapnya. (Ozn/ Adv Disdikbud Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer