spot_img

Maskot Porprov Kaltim ke VII Si Perau Adaptasi Satwa Endemik Berau

Persepsinews, Samarinda – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Porprov Kaltim, Sri Juniarsih Mas mengatakan digelarnya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kaltim di Kabupaten Berau menjadi kesempatan berharga bagi Berau dipercaya sebagai tuan rumah olahraga bergengsi tersebut.

Untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Porprov Kaltim, Sri mengaku masih perlu banyak belajar dari kabupaten dan kota lainnya yang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah.

Sejumlah persiapan sarana dan prasarana pun telah dilakukan, hingga kesiapan sumber daya pelaksana hingga operasional penyelenggara Porprov. Sri berharap ada dukungan dari pemerintah daerah untuk pelaksanaannya kedepan.

“Kami sangat mengharap dukungan dari pemerintah provinsi Kaltim, pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim dan organisasi olahraga,” kata Sri dalam sambutannya Rabu (12/10/2022).

Sementara itu, launching maskot dan jingle Porprov Kaltim yang dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Tianor, dan Ketua KONI Kaltim Rusdiansyah Aras, serta para perwakilan pengurus cabang olahraga (cabor) telah resmi diluncurkan di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (12/10/2022) malam.

Terkait filosofi maskot Sri mengatakan, diberi nama Si Perau yang merupakan singkatan dari Si Penyu Khas Berau. Penyu merupakan satwa endemik Kabupaten Berau, dipilihnya nama tersebut dimaksudkan untuk mewakili ciri khas dari Berau.

Si Perau juga memiliki elemen lainnya, seperti kancing baju, medali, pita, obor, lambang keagungan Berau, pakaian adat Berau, batik penyu.

“Ini juga filosofinya semangat dan keagungan Berau,” jelasnya.

Sementara, untuk jingle atau lagu Porprov nantinya akan mengiringi pertandingan di venue. Sri juga menyampaikan maskot dan jingle telah disosialisasikan kepada masyarakat Berau sejak 14 September 2022 lalu.

“Itu telah disampaikan kepada masyarakat. Tentu Porprov ini telah dinantikan masyarakat Kaltim, khususnya di Berau. Apalagi ada aspek pariwisatanya di Berau,” tuturnya.

Dalam penyelenggaraannya kedepan, Sri berharap dengan terselenggaranya Porprov VII di Berau nanti akan berdampak positif pada roda prekonomian masyarakat. (Ozn/Adv)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer