spot_img

Pengajuan Kredit Kukar Idaman untuk Petani dan Nelayan Tinggal Menunggu Perbup

Persepsinews.com, Tenggarong – Pengajuan program Kredit Kukar Idaman (KKI) untuk petani dan nelayan di 2023 hanya tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbub).

Hal tersebut disampaikan Dianto Raharjo selaku Kabid Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kutai Kartanegara (Kukar).

“Rapat terbaru kemarin ada penambahan untuk petani dan nelayan. Cuma sampai sekarang surat perubahan Perbupnya belum keluar,” kata Dianto usai dikonfirmasi, Selasa (4/4/2023).

Perlu diketahui, Program KKI merupakan program yang memberikan kemudahan akses permodalan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kukar.

Program ini diselenggarakan melalui kerja sama antara Pemkab Kukar dan Bankaltimtara dengan sektor basis Diskop-UKM Kukar.

Dengan kata lain, terkait teknis UMKM bisa mendapatkan bantuan KKI, Dianto menjelaskan pihaknya hanya memfasilitasi saja.

“Yang penting persyaratannya dipersiapkan. Kalau lengkap kita langsung kirim ke Banakaltimtara,” bebernya.

Selain itu, Diskop-UKM Kukar akan tetap mempermudah pelaku UMKM mengakses program KKI. Seperti contohnya pelaku usaha yang berada di Kecamatan Samboja dan Hulu Mahakam agar tak perlu ke Kecamatan Tenggarong mengurus administrasi pengajuan KKI.

“Pelaku usaha bisa mengurus melalui Kecamatan atau Desa di kantor unit Bankaltim terdekat. Kasian umpama mohon pinjaman cuma Rp 5 juta,” sebutnya.

Dianto berharap anggaran yang tersedia di Program KKI dapat disalurkan ke lebih banyak pelaku UMKM di Kukar.

“Cukup minta surat pengantar pihak Kecamatan agar bisa mengakses Bankaltim unit terdekat,” pintanya. (Adi/ Adv Pemkab Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer