spot_img

Peran Penting ASN Era Demokrasi dan Transparansi Disorot Asisten III Pemkab Mahulu

Persepsinews.com, Samarinda – Mewakili Bupati Mahulu, Asisten III Mahulu, Kristina Tening, sampaikan peran penting penyelenggaraan orientasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Keria (PPPK), sebagai bagian dari ASN yang telah memenuhi syarat, dan diangkat berdasarkan perianjian kerja untuk waktu tertentu, sesudai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Ia menegaskan bahwa PPPK mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan. Terlebih didalam era demokratisasi dan transparansi saat ini.

Peningkatan individu ASN juga menurutnya menjadi hal penting untuk diperhatikan, mengingat seluruh ASN terus menjadi perhatian dan dinilai kritis oleh berbagai elemen masyarakat.

“Sebagai seorang ASN, perlu memperkuat pemahaman akan tugas dan fungsi ASN, terutama setelah terjadi peralihan status dari pegawai honor daerah menjadi PPPK. Hal ini menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik yang lebih baik,” bebernya, dalam penutupan orientasi PPPK, Jumat (3/11/23).

ASN juga dihadapkan pada tuntutan untuk beradaptasi dengan cepat, terutama dalam menjalankan berbagai tugas yang berkaitan dengan misi ke-4 Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, yaitu “Mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, sejahtera, bermartabat, dan berdaya saing tinggi”.

Tantangan ini menekankan perlunya keterlibatan aktif ASN dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mencapai tujuan tersebut.

“Jadi penting untuk PPPK ini mampu menjadi ASN yang upgrade, inovatif, tidak monoton dan dapat mengaktualisasikan Core values ASN yang BerAKHLAK,” ujarnya.

ASN juga memiliki tanggung jawab sebagai employer branding “bangga
melayani bangsa”, ketika memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat demi terwujudnya smart governance.

“Hal ini dilakukan melalui penguasaan
Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas bapak dan ibu sebagai seorang pendidik,” ucapnya.

Orientasi ini menjadi langkah awal perjalanan ASN dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu, sebab itu ia berharap, semangat yang kuat akan terjaga selama mengemban tugas sebagai ASN.

“Selalu pegang teguh prinsip integritas dalam setiap tindakan bapak dan ibu. Jangan pernah tergoda oleh tindakan yang melanggar etika atau hukum,” tandasnya. (Lis/ Adv BPSDM Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer