spot_img

Percepat Penyaluran KKI kepada Pelaku Usaha

Persepsinews.com, Tenggarong – Diskop-UKM Kukar aktif mendorong percepatan pemanfaatan Kredit Kukar Idaman (KKI) oleh pelaku usaha. Sebelumnya, Bupati Kukar memberikan wewenang kepada Diskop-UKM untuk melakukan seleksi berkas pengajuan modal dari para pelaku usaha melalui program KKI.

Meskipun Diskop Kukar memiliki kewenangan untuk mengusulkan nama-nama pelaku usaha yang mengajukan KKI, proses pencairannya tetap diserahkan kepada Bankaltimtara.

Kepala Diskop-UKM, Tajuddin, menyampaikan bahwa mereka berharap semua pemohon dapat segera memperoleh pencairan KKI, namun keputusan tersebut berada dalam kebijakan dan standar pencairan yang ditetapkan oleh bank.

“Dalam rangka memudahkan pelaku usaha yang berada di daerah yang jauh dari Kecamatan Tenggarong, mereka dapat mengajukan KKI melalui aparat desa dan kelurahan. Langkah ini diambil agar warga yang tinggal jauh dari kantor pusat Bankaltimtara di Kukar tetap dapat mengajukan modal usaha melalui KKI,” ujarnya.

Selain itu, pelaku usaha yang ingin mengajukan KKI juga dapat mengunjungi cabang pembantu Bankaltimtara yang ada di beberapa kecamatan di Kukar. Dalam pengajuan KKI, syarat yang harus dipenuhi oleh para pelaku UMKM adalah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Diskop Kukar memberikan pelayanan pembuatan NIB guna mempercepat program ini. Beberapa kesempatan, seperti perayaan HUT Maluhu dan kegiatan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar, digunakan sebagai momen untuk memberikan layanan pembuatan NIB kepada pelaku usaha.

“Diskop Kukar juga siap memberikan pendampingan dalam pengurusan NIB pada acara ekspo di desa, karena NIB merupakan salah satu syarat pengajuan KKI yang harus dipenuhi,” pungkasnya. (Adi/ Adv Prokom Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer