spot_img

Peringati HSP ke-95, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ajak Pemuda Berkontribusi Bangun Daerah

Persepsinews, Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fahlevi menghadiri apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 bersama jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar apel yang dipusatkan di halaman Gelora Kadrie Oening Samarinda.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan pemprov Kaltim, forkopimda, organisasi kepemudaan maupun pelajar dan mahasiswa.

Upacara tersebut dirangkai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara yang diikuti seluruh peserta apel hingga pembacaan teks UUD 1945 dan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

Selaku Inspektur Upacara Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan, moment peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi awal peningkatan kolaborasi antara pemerintah dan pemuda daerah. Sesuai arahan Menteri Pemuda dan Olahraga, Kaltim diminta untuk bisa meningkatkan penerapan digitalisasi di daerah terutama kepada pemuda guna meningkatkan Indeks Literasi Digital di Kaltim

“Ya sesuai arahan Menteri pemuda dan olahraga, bahwa ini menjadi momentum kita agar pemuda bisa berperan dalam membangun negara, mereka juga diharapkan melek digital, hal ini juga dalam rangka meningkatkan Indeks Literasi Digital Kaltim,” tutur Akmal.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fahlevi mengajak seluruh pemuda daerah untuk terus berkontribusi dalam memajukan Indonesia, menjaga persatuan, dan memperjuangkan nilai-nilai keadilan dan kesejahteraan.

Ia juga mengajak, agar pemuda daerah bisa meningkatkan prestasi, kreativitas dan inovasi bagi pembangunan. Terutama sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba.

“Bersama-sama, kita bisa mewujudkan masa depan yang gemilang bagi negeri tercinta ini. Pemuda harus sehat secara pemikiran. Pemuda harus bisa meningkatkan prestasi, kreativitas dan inovasinya. Pemuda juga harus selalu sehat secara jasmani dan rohani serta secara mental. Karena pemuda hari ini harus bisa bebas dari bahaya narkoba, demi masa depan bangsa. Karena masa depan bangsa Indonesia ke depan ditentukan kualitas pemuda hari ini,” kata Reza

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.

Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor. Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah undang-undang no. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer