spot_img

Rp 4,1 Miliar Dialokasikan, Diskop UKM Kukar Luncurkan Program Bantuan UMKM

Persepsinews.com, Tenggarong – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di tahun 2023 siap memberikan bantuan berupa sarana produksi kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah memenuhi syarat tertentu.

Kepala Diskop-UKM Kukar, Tajuddin, mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan produktivitas UMKM.

Bantuan alat produksi yang akan disalurkan akan disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan oleh para pelaku UMKM.

“Alat yang diberikan nantinya tergantung jenis usahanya. Kalau olahan kue, kita akan berikan oven, mikser, dan beberapa paket lain. Alatnya satu paket berisi lima jenis barang,” demikian Tajuddin.

Para pelaku UMKM yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti pengolahan bahan baku ikan juga akan mendapatkan peralatan yang sesuai.

“Kalau dia olahan bahan baku ikan, kita akan berikan freezer, kompor gas, dan cool box atau bok pendingin dalam bentuk paket,” katanya.

Penerima bantuan ini akan dipilih melalui proses seleksi yang ketat dan berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari sejumlah kecamatan di Kukar.

Salah satu persyaratan utama adalah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Tajuddin menekankan bahwa Diskop-UKM Kukar telah memiliki data para pelaku UMKM yang sudah memiliki NIB.

Untuk mendukung program ini, Diskop-UKM Kukar telah menganggarkan dana sekitar Rp 4,1 miliar pada tahun 2023. Dana ini akan digunakan untuk pengadaan alat produksi yang akan diberikan kepada sekitar 324 pelaku UMKM yang memenuhi syarat.

“Tujuannya adalah membantu peningkatan produktivitas pelaku UMKM, sehingga sektor UMKM di Kukar semakin berkembang dan berdaya saing,” pungkasnya. (Adi/ Adv Pemkab Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer