spot_img

Sri Puji Astuti Minta Pemkot Samarinda Tingkatkan SDM Pendidikan

Persepsinews.com, Samarinda – Komisi IV DPRD Samarinda mengatakan, bahwa kualitas pendidikan di Kota Tepian, harus terus ditingkatkan terutama Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pendidikan.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti menuturkan, masih ada sekolah yang kekurangan tenaga pendidik atau kesejahteraan guru honorer yang relatif masih rendah.

“Guru-guru honor itu kan rata-rata gajinya Rp 1 juta per bulan, ditambah insentif Rp 700.000, namun dengan regulasi mereka harus sesuai kompetensi,” kata Puji, Senin (21/2/2022).

Di samping itu regulasi dari pemerintah pusat yang harus disesuaikan oleh tenaga pendidik di daerah yang membuat beban kerja para guru menjadi bertambah.

“Jadi dengan regulasi pusat ini, guru-guru di daerah masih belum bisa mendapatkan jasa fungsional atau sertifikasi, jadi hal ini memang harus kita kejar,” terangnya.

Komisi IV DPRD Kota Samarinda, juga sempat melakukan studi banding ke Kota Surakarta, Jawa Tengah untuk melihat upaya peningkatan SDM tenaga pendidik disana.

Dengan itu, Puji mengharapkan perbaikan APBD dan juga kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah kota, secara bertahap bisa meningkatkan kualitas SDM pendidikan di kota tepian.

“Setidaknya insentif guru honor bisa ditingkatkan, dan regulasi pusat bisa lebih fleksibel agar guru-guru bisa ikut menyesuaikan,” pungkasnya. (Nta/Adv)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer