spot_img

Berikut Kronologis Ledakan di Pabrik 5 PKT, Perusahaan Sebut Bukan Gas Beracun

Persepsinews.com, Bontang – Video ledakan di Pabrik 5 PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), Kota Bontang, yang beredar luas di media sosial sontak mengegerkan warga.

Terpantau dari kejauhan, terlihat kepulan asap tebal warna kemerahan muncul dari kawasan Kawasan Kaltim Industri Estate itu, Sabtu (23/7/2022) siang.

SVP Sekretaris Perusahaan PKT Kaltim, Teguh Ismartono angkat bicara terkait peristiwa ini. Dijelaskan dia dalam keterangan resmi perusahaan, ledakan muncul akibat over firing di Pabrik 5.

“Tidak perlu dikuatirkan adanya gas racun yang terlepas ke udara seperti isu yang beredar, tidak ada korban dalam kejadian ini,” ungkap Teguh.

Sebab hal ini kembali ditekankan pihaknya, PKT Kaltim sudah melalui proses produksi menggunakan bahan baku yang aman, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami selalu mengedepankan dan menerapkan prosedur tetap K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)dengan baik, sesuai dengan standard tertinggi di industri dan ketetapan pemerintah,” tegasnya.

Terkait terjadinya ledakan yang menghebohkan media sosial, Teguh membeberkan penyebabnya, dikatakan dia, ledakan terjadi akibat shutdown di Pabrik 5 PKT karena ada malfungsi salah satu instrumen.

“Kondisi tersebut ternotifikasi langsung secara cepat oleh tim di central control roomsehingga dapat ditanggulangi dengan sigap,” sebutnya.

Awal mulanya, kejadian ini terjadi pada pagi hari, ketika proses restart dilakukan, terjadi over firing. Mengenai penyebab over firing, masih dalam investigasi tim teknis PKT.

“Tim teknis akan mengevaluasi ulang dan jika ditemukan kerusakan akan segera diperbaiki, dan pabrik direaktivasi kembali,” pungkasnya. (Red)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer