spot_img

Harga Beras di Tingkat Eceran Terpantau Turun Menjelang Lebaran

Persepsinews, Samarinda – Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga pangan secara rata-rata nasional mulai bergerak turun.

Berdasarkan data Panel Harga Bapanas per 3 April 2024, harga beras bergerak turun di tingkat pedagang eceran. Tercatat harga beras premium bergerak turun 2,03% menjadi Rp15.890 per kilogram sedangkan beras medium turun 3,28% menjadi Rp13.580 per kilogram.

Salah seorang pedagang beras di Samarinda, Vita mengaku penurunan tersebut sudah terjadi sejak akhir Maret lalu. Penurunan harga tersebut dikarenakan adanya peningkatan jumlah ketersediaan pasokan beras di tingkat produsen.

“Beras bulan kemaren naik, terus udah mahal ga ada barang, infonya gagal panen, penurunan hari ini turun 30 ribuan, kalau dari tahun kemaren lebaran naik, tapi ini dekat lebaran malah turun,” tutur Vita, Rabu (3/4/2024).

Vita menyebut, tingginya harga beras pada awal Maret lalu disebabkan karna gagal panen yang berdampak terhadap penurunan jumlah produksi petani akibat El Nino. Ia belum bisa memastikan penurunan harga beras ini akan bisa bertahan hingga lebaran nanti.

Ia mengungkapkan, beras premium ini didatangkan dari tiga wilayah seperti Surabaya, Semarang dan Sulawesi.

“Hingga saat ini ketersedian beras di tiga wilayah pemasok masih dalam kondisi yang aman sehingga harga beras kembali ke harga normal,” pungkasnya. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer