spot_img

Mengenang Peristiwa Merah Putih, Pemkab Kukar Akan Bangun Patung Soekarno di Sangasanga

Persepsinews.com, Tenggarong – Wakil Bupati Rendi Kukar Solihin, terus berupaya meningkatkan potensi pariwisata di Kecamatan Sangasanga.

Dalam peringatan 77 tahun Peristiwa Merah Putih Sangasanga, yang berlangsung pada 27 Januari 2024, Rendi Solihin menekankan pentingnya mengembangkan objek wisata bersejarah di daerah tersebut.

“Salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan merencanakan pembangunan patung Ir. Soekarno, proklamator kemerdekaan Indonesia, yang diharapkan menjadi patung terbesar di Kalimantan Timur,” harap Rendi dilansir dari terkiniku.com.

Museum Merah Putih di Sangasanga juga dipromosikan sebagai salah satu destinasi utama. Museum ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari foto pejuang hingga replika senjata, yang mengisahkan perjuangan heroik rakyat Sangasanga melawan penjajah Belanda.

Peristiwa Merah Putih Sangasanga merupakan bukti nyata perlawanan rakyat terhadap penjajahan. Berawal dari dominasi Belanda atas Sangasanga yang kaya akan minyak pada tahun 1945, rakyat Sangasanga, pada 26 Januari 1947, berhasil melakukan aksi heroik dengan merebut gudang senjata Belanda.

Kemenangan ini merupakan momen penting yang diperingati setiap tahun sebagai simbol perjuangan dan ketidakrelaan dijajah.

“Semangat untuk membangun dan berkolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan Kutai Kartanegara harus terus dibangkitkan,” pungkasnya. (Lis)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer