spot_img

Pariwisata PPU Ikut Terdongkrak karena Pembangunan IKN

Persepsinews.com, Samarinda – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Ririn Sari Dewi, menegaskan fokusnya pada pengembangan pariwisata di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), yang menjadi penyangga utama bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pembangunan IKN Nusantara telah memberikan dampak positif signifikan bagi ekonomi lokal, termasuk peningkatan kunjungan wisatawan yang menguntungkan para pelaku bisnis di sektor perhotelan, taman hiburan, dan kuliner.

“Kenaikan kunjungan wisatawan ini menggerakkan roda ekonomi lokal, memberikan peluang bisnis yang lebih ramai, dan menguntungkan para pengusaha di PPU serta sekitarnya, termasuk Balikpapan,” ujar Ririn.

Menurut data terbaru per Maret 2024, kunjungan wisatawan Nusantara (WISNUS) mencapai 1.272.923 kunjungan, mencapai 55,34% dari target tahunan sebesar 2.300.000 kunjungan. Sementara itu, kunjungan wisatawan mancanegara (WISMAN) mencatat 4.232 kunjungan, mencapai 42,42% dari target 10.000 kunjungan.

Untuk mendukung pengembangan pariwisata ini, Dispar Kaltim telah mengubah pendekatan program menjadi lebih inklusif dengan menerapkan pola “bottom up”.

“Pentingnya keterlibatan aktif kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan dan program pariwisata,” bebernya. (Lis)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer