spot_img

Pasar Ramadan Dibuka 14 April 2021, Catat Ketentuannya

Persepsinews.com, Samarinda – Per 14 April 2021 – 8 Mei nanti, secara resmi Pemkot Samarinda akan membuka kegiatan Pasar Ramadan di Lapangan Gor Segiri, Jalan Kesuma Bangsa.

Pemkot Samarinda melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah menyiapkan sekitar 150 tenant untuk diisi oleh pedagang.

Asisten I Sekkot Samarinda Tejo Sutarnoto mengatakan sejumlah tenant-tenant sudah diatur kapasitasnya sesuai Perwali Samarinda Nomor 13 tahun 2021 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Jadi jika sebelum pandemi jumlah tenant yang diakomodir sebanyak 300. Karena pandemi jumlah kapasitasnya diatur dengan hanya menampung 50 persen,” terang Tejo, Kamis (7/4) usai memimpin Rakor Persiapan Pasar Ramadan.

Diterangkan Tejo pengaktifan kegiatan Pasar Ramadan ini merupakan keinginan Wali Kota Samarinda Andi Harun yang menginginkan perekonomian tetap berjalan ditengah situasi pandemi Covid-19.

“Tetapi dengan catatan jumlah pedagang dibatasi, tidak ada kerumunan dan jarak antar tenant diatur. Pun, transaksinya akan diarahkan ke non-tunai,” jelasnya.

Lanjutnya, nanti pun akan didirikan posko terbaru yang berisi personel Satgas yang bertugas mengingatkan Prokes Covid-19 ke pedagang dan pengunjung Pasar Ramadan.

Dan, kepada pengelola pihak ketiga  diminta untuk membagi klaster pedagang berdasarkan jenis makanan yang dijual.

“Ini maksudnya supaya pembeli tidak lagi berputar-putar mencari makanan yang dicari. Sehingga kalau dari awal sudah dibagi per klaster makan akan memudahkan pembeli,” paparnya.

Bahkan, pembukaan Pasar Ramadan nanti, Wali Kota Samarinda Andi Harun akan membagikan paket sembako untuk pondok-pondok pesantren di Samarinda.

Sementara itu, Kepala Dispora Samarinda Erham Yusuf menjelaskan bahwa akses pintu masuk dan keluar akan dibuat terpisah oleh panitia.

Hal ini untuk menghindari kerumunan masyarakat. “Termasuk panggung hiburan yang disediakan juga akan dimanfaatkan pada hari-hari tertentu. Tidak setiap hari,” ungkap Erham.

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer