spot_img

Pemprov Kaltim Dorong Masyarakat Maratua Bantu Kendalikan Inflasi Melalui Peningkatan Produksi Sayuran

Persepsinews, Samarinda – Pejabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan, Pulau Maratua memiliki potensi lebih selain sektor pariwisata, dengan luasan lahan yang dimiliki saat ini kawasan tersebut memiliki potensi untuk bisa dimanfaatkan bagi ketahanan pangan, terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari masyarakat di Pulau Maratua.

Hal tersebut disampaikan akmal saat mendampingi kunjungan kerja Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian beserta rombongan ke Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Selasa (9/7/2024).

Akmal mengungkapkan, dalam rapat pengendalian inflasi sebelumnya, salah satu penyebab inflasi di Kaltim selain cabai dan transportasi adalah komoditi sayuran seperti kangkung.

“Padahal kangkung ini perlu 17 hari sudah bisa panen. Jika penyebab inflasi itu cabai bisa dipahami, penyebabnya tiket pesawat bisa dipahami atau penyebabnya daging masih bisa dipahami. Tapi ini penyebabnya kangkung,” sebut Akmal.

Untuk itu, lanjut Akmal, dirinya sudah menugaskan Kepala Dinas PMPD agar berkoordinasi dengan kepala desa/kampung di Maratua untuk memulai penanaman sayur di wilayahnya masing-masing. Ini sebagai awal gerakan ibu-ibu setempat sesuai arahan dari Ketua Umum TP PKK, yaitu memulai memberikan makanan yang sehat untuk keluarga, salah satunya sayur-sayuran.

“Kalau rumput bisa tumbuh, pasti kangkung bisa tumbuh. Kalau pisang bisa tumbuh, pakcoy juga bisa tumbuh. Jadi kita berupaya mendorong partisipasi ibu-ibu untuk bisa menghidupkan ketahanan pangan di Maratua. Kita juga ingin menjadikan Maratua sebagai pariwisata yang tidak biasa-biasa saja. Kita ingjn Maratua ini menjadi luar biasa,” kata Akmal.

Sementara itu, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengungkapkan menyongsong generasi emas Indonesia 2045, tentunya harus menyiapkan generasi muda penerus dengan bekal yang baik untuk bisa bersaing dalam kompetisi global. Termasuk kebutuhan makan sayur-sayuran, sebagai pelengkap dari menu makanan bersih, bergizi, sehat dan aman untuk anak-anak.

“Cara mengelola PKK harus kembali ke basic lagi, mengajarkan ibu-ibu memasak. Agar bisa menyajikan menu sehat bagi keluarga terutama anak-anak. Agar anak-anak kita gemar makan sayur sebagai salah satu menu makanan sehat yang memang harus diperkenalkan sejak kecil kepada anak-anak,” ungkap Tri Tito Karnavian dihadapan kader PKK Kecamatan Maratua. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer