spot_img

Dispar Kaltim Galakkan Program Satu Desa Satu Wisata

Persepsinews, Samarinda – Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) akan melakukan upaya peningkatan sektor wisata dengan mengembangkan 1 desa 1 wisata di setiap kabupaten/kota untuk menjadi destinasi unggulan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dispar Kaltim, Ririn Sari Dewi. Ia mengungkapkan, rencana untuk mengembangkan sektor desa dengan inovasi baru itu dilakukan dalam rangka menciptakan pariwisata unggulan nasional.

Dalam mewujudkan rencana tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah dinas terkait maupun perusahaan swasta serta Dispar di seluruh Kabupaten dan Kota di Kaltim.

“Akan berhasil jika bekerja sama dengan rekan-rekan dari OPD terkait, CSR dari perusahaan swasta, dan Dinas Pariwisata di tingkat kabupaten dan kota se-Kaltim,” kata Ririn.

Disampaikan Ririn, Dispar Kaltim kini sedang memetakan desa-desa yang telah mandiri dan memiliki potensi untuk di-branding kembali untuk mendapatkan pendanaan, guna meningkatkan status mereka menjadi desa wisata tingkat nasional.

Pemetaan dilakukan di sejumlah wisata potensial seperti Desa Pela dan Maratua hingga Malahing di Kota Bontang

“Kami fokus pada beberapa desa seperti Desa Pela dan Desa Maratua. Untuk Bontang, Desa Malahing telah berhasil menjadi desa wisata nasional,” ucapnya.

Ririn berharap peningkatan status desa wisata di Kaltim dapat terjadi secara bersamaan, bukan satu per satu. Ia ingin Kaltim bisa seperti Malang yang memiliki beragam wisata nasional.

“Kunci dari kemajuan ini terletak pada kerjasama dan kolaborasi antar sektor yang solid,” pungkasnya. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer