spot_img

Turun ke UPTD BBI di Kukar, Sutomo Jabir Soroti Masih Lemahnya Ketahanan Pangan di Kaltim

Persepsinews.com, Kutai Kartanegara – Bersama rombongan Komisi II DPRD Kaltim, Anggota DPRD Sutomo Jabir melaksanakan kunjungan kerja di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara.

Adapun kunjungan di UPTD BBI Tanaman Pangan dan Holtikultural, Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kaltim untuk membahas program Dinas Pertanian dalam mewujudkan ketahanan pangan di Benua Etam.

Kegiatan sendiri dipusatkan di Lamin Agrowisata Batuah. “Kami sekaligus melaksanakan kegiatan Rapat Dengar Pendapat untuk membahas program Dinas Pertanian dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kaltim,” tekan Sutomo.

Kata dia, Sebagai wakil rakyat, bahwa pertanian di Kaltim belum maju dan masih jauh dari yang diharapkan. Karena kebutuhan pangan utama seperti padi, beras, jagung, dan hasil pertanian lainnya, belum dapat dipenuhi secara utuh.

“Kebutuhan pangan kita masih banyak disuplai dari daerah lain seperti dari Pulau Jawa dan Sulawesi. Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Pertanian, terutama dari Pemprov Kaltim. Mengingat, potensi lahan di Kaltim cukup menjanjikan bagi pengembangan sektor pertanian dalam mendukung ketahanan pangan Kaltim,” jelas Politisi PKB tersebut.

Bahkan, dirinya menyarankan ada beberapa upaya yang bisa segera dilakukan Pemprov Kaltim, yakni melakukan pemetaan terhadap potensi pertanian di seluruh wilayah untuk mengetahui potensi dan kemampuan daerah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Caranya dapat melalui koordinasi dan sinergi pelaksanaan program antara provinsi dan kabupaten/kota berbasis data yang akurat, termasuk data potensi lahan yang dimiliki Kaltim, data petani aktif, data bantuan pemerintah, dan data hasil produksi per tahun.

Yang tidak kalah pentingnya, yakni mencari solusi kelangkaan pupuk dan memastikan pupuk subsidi dinikmati petani yang betul betul tidak mampu, kelangkaan pupuk subsidi harus dikomunikasikan dengan pemerintah pusat.

“Secara khusus untuk UPT Batuah, bagaimana agar bisa menjadi sebagai miniatur pertanian di Kaltim. Artinya, semua jenis tanaman yang potensi dibudidayakan di sana, supaya pertanian di wilayah Kaltim bisa tercermin di UPTD Agrowisata Batuah,” harapnya.

Pun, dalam kegiatan ini, hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan, Siti Farisyah. Dia mengatakan pihaknya berjanji akan melakukan inovasi dalam memajukan pertanian Kaltim.

“Termasuk menjadikan UPTD Batuah sebagai sentra pertanian berbagai jenis tanaman pangan dan hortikultura. Misalnya, penyediaan bibit unggul, pola bertani yang baik, dan bagaimana membuat pupuk secara organik untuk mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia,” kata Siti memungkasi.

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer