spot_img

Tingkatkan Pariwisata di Kaltim, Dishub kaltim Dorong Adanya Akses dan Trasnportasi yang Memadai

Samarinda – Sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata di kaltim, keberadan transportasi menjadi peranan penting dalam mengantar para wisatawan untuk menuju destinasi yang dituju.

Adanya aktivitas wisata juga mampu meningkatkan pada sektor ekonomi masyarakat dan sekitarnya.

Serta beberapa hal yang tentunya menjadi perhatian lainnya adalah pengembangan sarana dan prasarana transportasi menjadi fokus utama pemerintah, seperti pengembangan transportasi sungai, danau, dan penyeberangan (SDP), yang diharapkan mendukung kemajuan industri pariwisata di Provinsi Kaltim.

Analisis Kebijakan Ahli Muda Sub. Koordinator Pelabuhan Dishub Provinsi Kaltim, Rudianto Lumbantoruan menyampaikan dalam perencanaan pengembangan pariwisata terdapat tiga aspek penting yang harus diperhatikan, mulai dari atraksi, amenitas dan aksesibilitas (3A).

“Ini mengungkapkan mengapa Dishub memiliki hubungan yang sangat penting antara dengan transportasi pariwisata” Ujar Rudianto.

Dia menjelaskan, adanya kemudahan akses layanan transportasi yang berkualitas serta sesuai harapan pengguna dan konektivitas antarmoda adalah tiga elemen kunci yang memengaruhi peran sarana transportasi.

“Walaupun daya tarik wisata tersebut luar biasa, tetapi ketiadaan akses yang memadai, tentu keberhasilan pariwisata bisa sanagat terbatas, oleh sebab itu akses dan transportasi untuk pariwisata melalui kerjasama antara Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota harus ditingkatkan,” terangnya.

Dirinya menyebutkanseperti potensi tiga danau di Kabupaten Kukar, dirinya mengakui adanya keindahan tetapi juga menekankan pentingnya mempertimbangkan kemudahan akses untuk ke lokasi tersebut.

“Bagaimana cara mencapai lokasi tersebut, tentu harus ada pertimbangan seperti rute yang harus diambil, jenis kapal yang digunakan, titik pendaratan, fasilitas dermaga dan potensi risiko pasang surut,” tambahnya.

Rudianto berharap, kedepan sektor pariwisata di kaltim dapat didukung dengan kemudahan akses tranportasiya, sehingga semua dapat berpartisipasi dalam pengembangan dan pembangunan transportasi di Kalimantan Timur. (Adv/ Dishub Kaltim)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer