Dispora Kaltim Adakan Training of Trainer Pemuda Pelopor dan Paskibraka

0
Training of Trainer (TOT) Pemuda Pelopor dan Paskibraka di Gelora Kadrie Oening, Samarinda. (Humas Dispora Kaltim)

Persepsinews, Samarinda – Mewakili Gubernur Kaltim, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur Agustianur mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyadari sepenuhnya bahwa pembangunan kepemudaan memerlukan sinergitas dan keseragaman langkah dari seluruh pihak.

Hal tersebut mendorong pelaksanaan Training of Trainer (TOT) Pemuda Pelopor dan Paskibraka yang diikuti peserta dari 10 Kabupaten dan Kota se Kaltim dari tanggal 20-23 November 2022 di Kompleks Gelora Kadrie Oening Sempaja.

“Pemprov Kaltim tidak ingin pelaksanaan seleksi paskibraka, pelaksanaan pelatihan hingga pengibaran danpenurunan berbeda. Jadi kita telah menerapkan seleksi wakil terbaik di tiap Kabupaten dan Kota dengan turun langsung, tidak lagi berdasar pengiriman,” ujar Agus Tianur di Aula Dispora Kompleks Gelora Kadrie Oening Sempaja (21/11/2022).

Terkait TOT Pemuda Pelopor, Agus menyampaikan bahwa hal ini didorong atas keberhasilan Kaltim menghasilkan Juara 1 Pemuda Pelopor Nasional 3 tahun berturut-turut.

“Keberhasilan menghasilkan juara Pemuda Pelopor telah memberikan penghargaan kepada Bapak Gubernur sebagai Tokoh Penggerak Kepeloporan. Ini ingin kita bagi dengan Kabupaten dan Kota, sehingga makin banyak Pemuda Pelopor di Kaltim,” katanya.

Menurutnya, masih banyak pihak yang tidak dapat membedakan anatara Pemuda Pelopor dan Pemuda Berprestasi.

Untuk itu, dirinya berharap dimasa mendatang bila kesepahaman telah dicapai, Kaltim akan melahirkan Pemuda Pelopor yang membangun Kaltim yang berdaulat.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembanga Pemuda Rasman melaporkan kegiatan TOT Pemuda Pelopor diikuti 30 peserta, dan TOT Paskibraka 40 Peserta.

Pemateri dalam pelatihan ini diantaranya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) pusat, Komisi Informasi Kaltim, Korem 091 Aji Surya Natakesuma, Polresta Samarinda, RSUD AW Syahranie, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kaltim serta Juri Pemuda Pelopor Kaltim.

Tampak hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Kaltim H Sufian Agus, Direktur dr David Hariadi Masjhoer, Ketua PPI Pusat Goesta Fariza, Kabid Kepeloporan Kemenpora Sopti Popiyanti, Kabid Kepemimpinan Perwita Sari serta perwakilan Dispora se Kaltim. (Ozn/ Adv Dispora Kaltim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here