spot_img

Dorong Wirausaha Naik Level, Diskop UKM Kukar Siap Hadirkan Beragam Pelatihan Tiap Kecamatan

Persepsinews.com, Tenggarong – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kutai Kartanegara (Kukar), akan menyelenggarakan sejumlah pelatihan pada 2023, termasuk pelatihan pemasaran, wirausaha baru dengan bahan baku lokal, penerbitan Nomor Induk Berusaha, dan sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). 

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Pemberdayaan UKM Diskop-UKM Kukar, Dianto Raharjo.

Ia mengatakan bahwa Diskop-UKM Kukar akan membantu pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk mereka secara luas melalui pelatihan pemasaran digital.

“Tujuannya adalah agar produk lokal dapat dikenal di daerah lain selain Kutai Kartanegara,” kata Dianto, Selasa (21/3/2023).

Bekerjasama dengan Perguruan Tinggi

Diskop-UKM Kukar juga bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri yakni Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) untuk memberikan pelatihan tersebut.

“Terutama bagaimana memotret produk dengan angle yang baik sehingga dapat menarik perhatian konsumen,” tuturnya lagi.

Tingkatkan Daya Saing UMKM

Produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha kecil dan menengah di Kukar harus memiliki daya saing dan nilai jual di masyarakat. 

Ia menyebut, salah satu faktor penting adalah memiliki legalitas usaha yang lengkap, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga. 

“Jika pelaku usaha belum memiliki legalitas tersebut, pemerintah akan memberikan fasilitasi berupa konsultasi, layanan, dan pelatihan,” terangnya.

Diadakan Tiap Kecamatan

Nantinya, pelatihan yang diselenggarakan tidak hanya di pusat Kabupaten Kukar, tetapi juga di setiap kecamatan. 

Hal ini dilakukan karena banyak pelaku usaha di kecamatan yang membutuhkan perhatian dan pendampingan langsung. 

Untuk itu, pihaknyajuga berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk mengetahui pelatihan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

“Sehingga sasaran pelatihan di kecamatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan targetnya,” tandasnya. (Adi/ Adv Pemkab Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer