spot_img

Pengentasan Kemiskinan Melalui Ekonomi Berbasis Pertanian, Disbun Kukar Bantu Pekebun Prasejahtera

Persepsinews.com, Tenggarong – Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan bantuan berupa herbisida, pupuk majemuk, dan upah kerja kepada pekebun prasejahtera dalam program Sejahtera dan Bahagia Berkat Berkebun. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di Kampung Kopi Luwak Desa Prangat Baru, Kecamatan Marangkayu.

Bantuan ini diberikan kepada 45 pekebun miskin di 45 hektare lahan, dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui fasilitasi usaha budi daya, panen, pasca panen, dan ekstensifikasi komoditas perkebunan.

“Sesuai dengan visi-misi Kukar Idaman untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif, khususnya bagi pekebun miskin, dengan tujuan meningkatkan pendapatan dan taraf hidup mereka,” ucap Edi Damansyah.

Muhammad Taufik selaku Kepala Disbun Kukar menyebutkan sasaran kegiatan ini. Dirinya menyebut masyarakat miskin yang telah diverifikasi oleh instansi/lembaga berwenang akan diprioritaskan.

“Kriteria untuk menjadi sasaran program ini adalah memiliki kebun atau lahan kebun dengan luas maksimal 2 hektar dan siap menjadi petani pekebun, serta masuk dalam kategori miskin dan rentan miskin yang belum pernah menerima fasilitas produksi baik dari pemerintah maupun swasta dalam 2 tahun terakhir,” terangnya.

Untuk pola pelaksanaan program, melibatkan fasilitasi atau pemberian sarana produksi intensifikasi seperti pupuk majemuk dan herbisida, peralatan panen, dan pasca panen, serta sarana produksi ekstensifikasi seperti bibit, pestisida, dan pupuk dasar. Setelah itu, baru diberikan bantuan modal kerja berupa HOK (Harga Perkiraan Sendiri) atau upah kerja sebesar Rp 2.220 per hektar. (Adi/ Adv Diskominfo Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer