Sampaikan Pentingnya Ideologi Kebangsaan, Reza Gelar Sosbang di Desa Loa Lepu

0
Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan. (Ist)

Persepsinews.com, Tenggarong – Menyampaikan pentingnya mempertahankan rasa cinta tanah air kepada masyarakat, pada Sabtu (20/1), Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi menggelar Sosialisasi Kebangsaan (Sosbang) di Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar.

Anggota Fraksi Partai Gerindra tersebut mengatakan wawasan kebangsaan mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin kualitas hidup bangsa.

Terlebih di era digitalisasi sekarang ini dan maraknya budaya luar. Tentunya saja akan mempengaruhi pola pikir, terutama pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

“Adanya Sosbang ini upaya menyebarluaskan ke masyarakat supaya bersama-sama meminimalisir budaya dari luar,” terangnya.

Sehingga, pria sapaan Reza itu menegaskan supaya masyarakat tidak lupa pada budaya ketimuran yang sudah ditanamkan oleh leluhur. “Supaya kita juga tidak lupa pada etika, akhlak dan budaya kita sebagai bangsa Indonesia,” tegasnya.

Selaku narasumber, hal yang sama pun disampaikan Ketua Badan Kajian Pancasila dan Kenegaraan Unmul Muhammad Ridwan.

Menurutnya, sejak dini generasi muda sudah diberikan pemahaman tentang ideologi kebangsaan sebagai penerus estafet pemerintahan.

“Generasi muda ini perlu diberikan pemahaman tentang ideologi kebangsaan. Serta bagaimana mereka ini menjaga pemikiran tidak mudah terpengaruh dengan budaya luar,” jelasnya.

Sebab, pentingnya rasa cinta tanah ini menjadikan sebuah tabiat alamiah manusia yang dimiliki sejak lahir.

“Dengan memperkuat dan memperkokoh ideologi kebangsaan yakni Pancasila yang mana masing-masing sila memiliki makna dan ini perlu dipahami dan dimengerti,” pungkasnya. (Red/Adv DPRD Kaltim)