spot_img

Ciptakan Ketahanan Pangan di Daerah dan IKN, Pemprov Kaltim Ingin Adopsi Tempat Budi Daya Ikan Nila Salin Dari Jabar

Presepsinews, Samarinda – Pejabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik, berencana akan mengadopsi dan membangun Tempat Budi Daya Ikan Nila Salin mirip dengan yang ada di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan sektor perikanan di Kaltim dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Dalam kunjungannya ke Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budi Daya (BLUPPB) di Kabupaten Karawang, Akmal Malik menyoroti keberhasilan BLUPPB di Karawang. Akmal menyatakan niatnya untuk mengembangkan model serupa guna menciptakan ketahanan pangan dan meningkatkan sektor perikanan di Kaltim.

Pembangunan BLUPPB di Kaltim rencananya akan di pusatkan di wilayah Kota Balikpapan.

“Ya kita akan mencoba mengadopsi, karna kita di Kaltim dengan adanya IKN mana ada pertambahan penduduk, kita akan coba lahan 100 hektar di Balikpapan saya sudah kontak dengan walikota,” tutur Akmal (13/5/2024).

Pembangunan BLUPPB di Kaltim diharapkan akan menjadi langkah strategis dalam memperluas jangkauan usaha perikanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani ikan di daerah tersebut.

“Dengan mengadopsi praktik terbaik dan teknologi modern dalam budidaya ikan, proyek ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi ekonomi lokal bahkan bisa menopang kebutuhan di Ibu Kota Nusantara,” pintanya. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer